Text
Skripsi : PEMBELAJARAN DARING DAN CAPAIAN HASIL SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (KELAS X DAN XI IPS DI MA AN-NUR BAKALREJO DEMAK) - CD Skripsi
ABSTRAK
Rizqa, Miftahur (2021) Pembelajaran Daring dan Capaian Hasil Belajar Siswa
pada Mata Pelajaran Ekonomi (Kelas X dan XI IPS di MA An-Nur Bakalrejo
Demak).Skripsi.Prodi Pendidikan ekonomi. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan
Universitas IVET.
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan
dan evaluasi strategi pembelajaran daring pada mata pelajaran ekonomi kelas X
dan XI IPS di MA An-Nur Bakalrejo Demak (2) Untuk mengetahui capaian hasil
belajar belajar siswa pada pembelajaran daring pada Mata Pelajaran Ekonomi
Kelas X dan XI IPS di MA An-Nur Bakalrejo Demak (3) Untuk mengetahui
faktor kendala strategi pembelajaran daring pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas
X dan XI IPS di MA An-Nur Bakalrejo Demak (4) Untuk mengetahui upaya yang
dilakukan untuk mengatasi kendala dalam pelaksanaan startegi pembelajaran dari
pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X dan XI IPS di MA An-Nur Bakalrejo
Demak.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, informan penelitian ini
adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru mata pelajaran ekonomi dan 4
orang siswa yang terdiri dari 2 orang siswa kelas X dan 2 orang siswa kelas XI.
Pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan dengan reduksi data,
penyusunan data dan kategorisasi.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) pembelajaran online
dilaksanakan secara daring dengan melakukan perencanaan, pelaksanaan dan
evaluasi. Perencaannya yaitu membuat materi dan soal evaluasi, sedangkan
pelaksaannya mengirim materi dan tugas kegroup whatsapp dan evaluasinya yaitu
dilakuakan di google classroom agar hasilnya langsung tersampaikan ke guru. (2)
hasil belajar siswa menunjukkan bahwa tidak semua siswa dapat menjalankan
pembelajaran online dan hasil belajar siswa tidak tercapai disebabkan beberapa
faktor yaitu terkendala sinyal,kesadaran siswa akan tanggung jawab dalam
mengerjakan tugas. (3) kendala pembelajaran online yakni kesulitan akses internet
dan keterbatasan kuota internet sehingga siswa sulit untuk belajar dari rumah. Dan
siswa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran yang diberikan guru. (4)
Upaya yang dilakukan pihak sekolah denganmemberikan kuota gratis kepada
siswa agar siswa belajar dengan mudah dan materi yang diberikan sehari sebelum
pembelajaran dilakukan sangat membantu siswa agar siswa lebih bisa memahami
materi yang disampaikan guru.
Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran Ekonomi
001/EKO/PUS/II/2022 | 378.2 RIZ p | Perpustakaan Pusat (Ekonomi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain