Text
Skripsi : PENERAPAN MEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 1 DI MANU 01 LIMPUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022 - CD Skripsi
ABSTRAK
Yayuk Faridah (2022) Penerapan Media Interaktif Articulate Storyline Dalam
Meningkatkan Prestasi Belajar Geografi Peserta Didik Kelas XI IPS 1 Di
MANU 01 Limpung Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Pendidikan Geografi.
Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet. 55 Halaman.
Dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan indonesia yang paling
dominan adalah melalui strategi pembelajaran yang akan diterapkan. Salah satunya
adalah media yang digunakan proses pembelajaran. Peran media sangat dibutuhkan
dalam pembelajaran, bahkan media bukan hanya menjadi alat bantu tetapi juga
merupakan bagian penting dari sistem pendidikan dan pembelajaran. Oleh karena
itu media pembelajaran menjadi suatu bidang yang harus dikuasai oleh setiap guru.
Apabila peserta didik sudah menerima pelajaran dengan pemahaman yang baik,
maka dengan pemahaman tersebut akan menunjang hasil belajar yang dikuasai oleh
peserta didik berupa prestasi belajar.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui (1) Pelaksanaan pembelajaran
geografi kelas XI IPS 1 dengan menggunakan media interaktif Articulate Storyline
di MANU 01 Limpung. (2) Peningkatan prestasi belajar peserta didik kelas XI IPS
1 dengan menggunakan media interaktif Articulate Storyline di MANU 01
Limpung.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang menurut Wijaya
Kusuma (2012: 9) Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah penelitian yang
dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan cara merencanakan, melaksanakan
dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan
memperbaiki kinerja sebagai guru, sehingga prestasi belajar siswa dapat meningkat.
Penelitian ini dilakukan di MANU 01 Limpung dengan subjek penelitian adalah
siswa kelas XI IPS 1. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
wawancara, dokumentasi, observasi, tes, dan refleksi. Pencapaian indikator
keberhasilan dihitung dalam bentuk presentase tiap siklus.
Dari pengujian media interaktif Articulate Storyline materi mitigasi bencana
terjadi peningkatan prestasi belajar yang cukup signifikan. Hal ini dapat dilihat pada
perbandingan hasil test pada kondisi awal atau prasiklus sebesar 59%, meningkat
10% pada siklus siklus I sehingga presentase menjadi 69% dan meningkat lagi pada
silus II sebesar 16%, sehingga presentasenya menjadi 85%. Presentase tersebut
apabila dilihat dari KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) sudah tercapai.
Kata kunci: Media, Articulate Storyline, Prestasi Belajar
002/GEO/PUS/II/2022 | 002/GEO/PUS/II/2022 | Perpustakaan Pusat (Geografi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain