Text
Skripsi : PERSEPSI PENGUNJUNG TERHADAP TINGKAT KENYAMANAN TAMAN KALI TUNTANG DI KABUPATEN DEMAK SEBAGAI RUANG PUBLIK - CD Skripsi
ABSTRAK
Sugianti, Nurti (2022), Persepsi Pengunjung Terhadap Tingkat Kenyamanan
Taman Kali Tuntang di Kabupaten Demak Sebagai Ruang Publik. Skripsi.
Pendidikan Geografi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet. 60
halaman.
Kawasan perkotaan umumnya selalu dihubungkan dengan sebuah
pembangunan. Kota tak hanya mempunyai bangunan gedung atau rumah, tetapi
sebuah kota pastinya memiliki ruang terbuja hujau (RTH), terdapat beberapa RTH
diantaranya adalah taman kota. Secara umum taman kota didalamnya ditanami
berbagai macam vegetasi,dan terdapat berbagai fasilitas yang dapat diakses publik.
Pemerintah sudah berupaya menjaga dan merawat taman kali tuntang, namun
perilaku negatif beberapa pengunjung yang membuang sampah sembarangan dapat
menjadikan taman kali tuntang menjadi kotor dan kumuh. Menanggapi hal tersebut,
munculah berbagai persepsi pengunjung terhadap tingkat kenyamanan taman kali
tuntang.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui persepsi pengunjung
terhadap tingkat kenyamanan taman kali tuntang sebagai ruang publik, (2)
mengetahui fasilitas yang terdapat di taman kalituntang, (3) mengetahui upaya
pemerintah dalam menyadarkan masyarakat dan menangani faslitas yang rusak.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif,
lokasi penelitian di Desa Petengan Selatan, Kelurahan Bintoro, Kecamatan Demak,
Kabupaten Demak. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan
dokumentasi kepada pengunjung dan pengelola, sebab pada penelitian ini data yang
diperoleh akan dikumpulkan dan diketahui kebenarannya.
Hasil penelitian ini adalah (1) persepsi pengunjung terhadap tingkat
kenyamanan taman di kategorikan cukup baik, hanya saja terdapat sampah yang
berserakan ditaman, selain itu juga beberapa fasilitas yang rusak, (2) beberapa
fasilitas yang rusak yaitu gazebo, tempat duduk, dan ayunan, (3) pemerintah
melakukan berbagai upaya untuk menumbuhkan kesadaran pengunjung tentang
pentingnya menjaga kebersihan taman, selain itu pemerintah juga menangani
fasilitas yang rusak.
Kata Kunci: Persepsi, Pengunjung, Tingkat Kenyamanan, Taman Kota
007/GEO/PUS/II/2022 | 007/GEO/PUS/II/2022 | Perpustakaan Pusat (Geografi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain