Text
Skripsi : PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA N 1 KARANGANYAR KABUPATEN DEMAK - CD Skripsi
ABSTRAK
Sufiatun (2022). Penerapan Metode pembelajaran Inquiry Learning Mata
Pelajaran Kelas X Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMA N 1 Karanganyar
Kabupaten Demak. Skripsi. Pendidikan Geografi. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan. Universitas Ivet.
Model merupakan pola umum perilaku pembelajaran untuk mencapai tujuan
pembelajaran yang diharapkan. Model pembelajaran menurut Joyce & Weil (1980: 4)
adalah suatu rencana atau pola yang dapat digunakan untuk membentuk kurikulum
(rencana pembelajaran jangka panjang), merancang bahan-bahan pembelajaran dan
membimbing pembelajaran di kelas atau yang lain. Model pembelajaran dapat
dijadikan sebagai pola pilihan, artinya para guru diperbolehkan memilih model
pembelajaran yang sesuai dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikannya (Rusman,
2011: 133). Model Pembelajaran inquiry learning ini sesuai dengan abab ke 21, karena
model ini menjadikan pembelajaran berpusat pada aktivitas peserta didik. Metode
inquiry learning akan digunakan dalam pembelajaran Geografi kelas X IPS SMA N 1
Karanganyar.
Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan
peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Geografi kelas X IPS 2 dengan
menggunakan metode pembelajaran Inquiry learning di SMA N 1 Karanganyar
Kabupaten Demak. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan siklus I dan siklus II.
Hasil Penelitian ini yaitu memasukan inquiry learning sebagai metode
pembelajaran yang digunakan untuk metode pembelajaran Geografi. Hasil dari
penelitian penerapan metode inquiry learning terhadap hasil belajar siswa berhasil
dengan dibuktikannya perolehan hasil belajar setiap siklusnya. Siklus I nilai rata-rata
yang diperoleh siswa dalam pre test yaitu 52 dan rata-rata yang diperoleh dalam post
test adalah 64. Siklus II nilai rata-rata yang diperoleh siswa dalam pe test yaitu 65 dan
nilai rata-rata yang diperoleh dalam post test adalah 72. Jadi penelitian ini dapat
meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Geografi dengan menggunakan
metode inquiry learning.
Kata kunci : Inquiry Learning, Geografi, Hasil Belajar.
009/GEO/PUS/II/2022 | 009/GEO/PUS/II/2022 | Perpustakaan Pusat (Geografi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain