Text
Skripsi : PENGARUH KELENGKAPAN PERALATAN PRAKTIK BENGKEL MOTOR DAN HASIL PRAKTIK SISWA PADA MATA PELAJARAN PMSM TERHADAP KESIAPAN KERJA SEBAGAI MEKANIK KELAS XII TBSM DI SMK MANBA’UL HUDA
ABSTRAK
Purwadi, Dwi (2022). Pengaruh Kelengkapan Peralatan Bengkel dan Hasil
Praktik Siswa Mata Pelajaran PMSM Terhadap Kesiapan Kerja Siswa
sebagai Mekanik di SMK Manba’ul Huda. Skripsi. PVTM. Fakultas Sains dan
Teknologi. Universitas Ivet. 111 Halaman.
Sekolah Menengah Kejuruan secara substansi merupakan salah satu
lembaga pendidikan kejuruan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan calon
tenaga kerja kelas menengah dalam memasuki dunia kerja dan mengembangkan
sikap profesional (Firdaus 2012:398).
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: Perlengkapan peralatan praktik
bengkel motor, Hasil kerja praktik siswa kepala silinder pelajaran PMSM, Kesiapan
kerja sebagai mekanik sepeda motor, Pengaruh perlengkapan peralatan praktik
bengkel motor terhadap kesiapan kerja siswa sebagai mekanik pada siswa kelas
XII TBSM di SMK Manba’ul Huda, Pengaruh hasil kerja praktik siswa kepala
silinder mata pelajaran PMSM terhadap kesiapan kerja siswa sebagai mekanik pada
siswa kelas XII TBSM di SMK Manba’ul Huda, Pengaruh perlengkapan peralatan
praktik bengkel motor dan hasil kerja praktik siswa kepala silinder mata pelajaran
PMSM mempunyai pengaruh terhadap kesiapan kerja siswa sebagai mekanik pada
siswa kelas XII TBSM di SMK Manba’ul Huda.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian ex-post facto dengan metode
deskriptif kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah Kelengkapan Peralatan
Bengkel (X1) dan Hasil Praktik Siswa (X2) sebagai variabel bebas serta Kesiapan
Kerja Siswa Sebagai Mekanik (Y) sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas XII TBSM SMK Manba’ul Huda. Sampel Penelitian ini
sebanyak 28 siswa. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik sampel jenuh.
Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana untuk (X1
terhadap Y), (X2 terhadap Y), serta analisis regresi berganda untuk (X1 dan X2
terhadap Y).
Hasil penelitian ini adalah: (1) Kelengkapan peralatan bengkel motor SMK
Manba’ul Huda termasuk dalam kategori rendah atau bisa juga kategori tinggi yang
ditunjukkan dengan perhitungan analisis deskriptif. (2) Hasil praktik siswa kelas
XII SMK Manba’ul Huda termasuk dalam kategori tinggi yang ditunjukkan dengan
perhitungan analisis deskriptif. (3) Kesiapan kerja siswa sebagai mekanik kelas XII
SMK Manba’ul Huda termasuk dalam kategori rendah yang ditunjukkan dengan
perhitungan analisis deskriptif. (4) Kelengkapan Peralatan Bengkel berpengaruh
positif dan signifikan terhadap Kesiapan Kerja Siswa sebagai Mekanik kelas XII di
SMK Manba’ul Huda diperoleh. Ha diterima dan Ho ditolak. (5) Hasil Praktik
Siswa pada Mata Pelajaran PMSM berpengaruh positif dan signifikan terhadap
Kesiapan Kerja Siswa sebagai Mekanik kelas XII di SMK Manba’ul Huda
diperoleh. Ha diterima dan Ho ditolak (6) Kelengkapan Peralatan Bengkel dan
Hasil Praktik Siswa pada mata Pelajaran PMSM berpengaruh positif dan signifikan
terhadap Kesiapan Kerja Siswa sebagai Mekanik kelas XII SMK Manba’ul Huda.
Kata Kunci: Kelengkapan Peralatan Bengkel,hasil praktik siswa, Kesiapan Kerja
Siswa
013/PVTMO/PUS/I/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PVTMO) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain