Text
Skripsi : PENGARUH VARIASI PENGGUNAAN ROLLER DAN BUSI TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR DALAM MENGHASILKAN EMISI GAS BUANG SERTA PERFORMA MESIN SEPEDA MOTOR INJEKSI 4 TAK 110 CC
ABSTRAK
Puji Yanto. (2021). PENGARUH VARiASI PENGGUNAAN ROLLER DAN BUSI
TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR DALAM MENGHASILKAN EMISI
GAS BUANG SERTA PERFORMA MESIN SEPEDA MOTOR INJEKSI 4 TAK 110
CC. Skripsi. Prodi Pendidikan Vokasional Teknik Mesin. Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Ivet. 59 Halaman.
Peningkatan Engine Performance ( performa mesin ) adalah salah satu hal
yang selalu saja menjadi bahan riset untuk mendapatkan hasil yang lebih
sempurna. Saat ini proyek – proyek penelitian ( untuk peningkatan Engine
Performance ) mengarah pada peningkatan efisiensi mesin, ekonomis, dan ramah
lingkungan sehingga dapat menciptakan mesin yang memiliki tenaga yang besar
dengan dimensi yang kecil dan hemat bahan bakar. Dalam proses tersebut salah
satu hal yang mempengaruhi adalah roller.Honda Scopy 110 CC mengaplikasikan
mengganti roller standart dengan roller racing. Kemudian dibandingkan dan
dihitung kecepatan, konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang.
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui daya dan torsi kendaraan sepeda
motor matic 110 cc dengan variasi 3 busi, 2 jenis bahan bakar dan 4 jenis roller;
(2) Untuk mengetahui konsumsi penggunaan bahan bakar sepeda motor apabila
menggunakan 4 jenis roller berbeda (3) Untuk mengetahui emisi gas buang apabila
menggunakan 3 jenis busi, 4 roller berbeda dan 2 bahan bakar yang berbeda.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan teknik pengumpulan
data yang dihasilkan dari eksperimen itu sendiri dan kemudian diolah data yang
menghasilkan sesuai dengan tujuan metode penelitian
Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) daya dan torsi dipengaruhi oleh factor
busi,roller dan bahan bakar, dalam penelitian ini yang diunggulkan dalam torsi dan daya
kendaraan adalah roller racing 9 gram, untuk bahan bakar pertamax yang paling tinggi
peforma dan busi iridium merupakan busi yang memiliki torsi dan daya tertinggi; (2)
Konsumsi bahan bakar yang paling banyak penggunaan yaitu menggunakan roller 9
gram hal ini dikarenakan roller 9 gram memiliki daya dan torsi besar ; (3) emisi gas
buang pada sepeda motor yang paling bagus dalam hal penggunaan nya adalah pada
roller standart. Hal ini dikarenakan roller standart sudah memenuhi standart gas buang
yang kecil sehingga mengurangi polusi udara.
Kata Kunci: Pengaruh CVT, Performa Sepeda Motor, Roller Motor Matic
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain