Text
Skripsi : ANALISIS PENGARUH BERAT ROLLER TERHADAP DAYA CENTRIFUGAL UNTUK MEMINIMALISASI HAMBATAN PEMINDAHAN DAYA TERHADAP PERFORMA MOTOR MATIC 110CC - CD Skripsi
ABSTRAK
Saat ini kendaraan khususnya sepedanya motor jumlahnya sudah dilakukan
beberapa variasi yang bertujuan untuk mempermudah pengoperasiannya oleh
pengendara. Salah satu perubahannya dengan melakukan perubahan pada sistem
pemindahan daya dari yang manual sekarang menggunakan matik (CVT). Pada
sistem pemindahan CVT (Continous Variable Transmition) putaran mesin
diteruskan ke roda melalui V-Belt atau sabuk. Penggunaan V-Belt atau sabuk
sebagai pemindah pengakibatkan kerugian daya yang cukup desar dikarenakan
selip antara V-Belt dengan roda pemutarnya. Untuk mengurangi kerugian daya
dapat dilakukan dengan beberapa cara sederhana , antara lain dengan melakukan
perubahan pemberat Roller (Weight Roller) dengan variasi 9 gram , 10 gram dan 11
gram dan variasi yang dilakukan pada sepeda motor Honda Vario 110 CC ESp.
Pengujiaan perubahan weight roller dilakukan pada putaran mesin 3500 rpm
sampai dengan 9250 rpm, dengan rentang 250 rpm. Untuk pengujian konsumsi
bahan bakar dilakukan pada putaran mesin 3000 rpm sampai dengan 4000 rpm,
dengan rentang 500 rpm. Penggambilan data dilakukan dengan pengujian 3 kali
terhadap perubahan weight roller untuk menghasilkan daya maksimal.
Menggunakan roller 11 gram adalah langkah terbaik untuk mendapatkan konsumsi
bahan bakar yang baik, torsi serta momen yang bagus. Karena roller 9 gram dan
10 gram tidak memberikan hasil yang maksimal,
Kata kunci : roller, torsi, daya dan konsumsi bahan bakar
016/PVTMO/PUS/I/2022 | 016/PVTMO/PUS/I/2022 | Perpustakaan Pusat (PVTMO) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain