Text
Skripsi : PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMK PALAPA SEMARANG - CD Skripsi
ABSTRAK
Syarif Alkhasan, C3217120028, Pengaruh Lingkungan Belajar dan Kompetensi
Guru terhadap Kedisiplinan Belajar Peserta Didik SMK Palapa Semarang, Skripsi,
Pendidikan Vokasi Teknik Mesin Otomotif, Fakultas Sains dan Teknologi,
Universitas Ivet, 2021, 71 halaman.
Tujuan penelitian untuk: 1) menganalisis data pengaruh lingkungan
belajar terhadap kedisiplinan belajar; 2) menganalisis pengaruh kompetensi guru
terhadap kedisiplinan belajar; dan 3) menganalisis dan membuktikan pengaruh
lingkungan belajar dan kompetensi guru terhadap kedisiplinan belajar.
Penelitian tipe eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif ini subjeknya
adalah kelas XI-TKR dengan jumlah 57 anak. Variabel yang digunakan ada 3
(tiga), yaitu: 1) lingkungan belajar (X1); 2) kompetensi guru (X2), dan 3)
kedisiplinan belajar (Y). Adapun teknik pengumpulan data digunakan dokumentasi
dan instrument/angket, sedangkan untuk mengetahui tingkat kekuatan instrumen
kuesioner sebelum digunakan untuk mengumpulkan data di lapangan, telah
dilakukan uji validitas dan reliabilitas dan hasilnya dinyatakan valid dan reliabel.
Sedangkan teknik analisis data digunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian diperoleh simpulan: 1) lingkungan belajar memiliki
pengaruh positif dan signifikan terhadap kedisiplinan belajar peserta didik sebesar
47,1%; 2) kompetensi guru memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap
kedisiplinan belajar sebesar 46,9%; dan 3) lingkungan belajar dan kompetensi
guru memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kedisiplinan belajar
peserta didik SMK Palapa Semarang sebesar 47%.
Kata Kunci: lingkungan belajar, kompetensi guru, kedisiplinan belajar.
017/PVTMO/PUS/I/2022 | 017/PVTM-O/PUS/I/2022 | Perpustakaan Pusat (PVTMO) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain