Text
Skripsi : PENGARUH TEACHING FACTORY DAN SARANA PRASARANA BENGKEL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN SASIS SEPEDA MOTOR KOMPETENSI SISTEM REM KELAS XI TEKNIK BISNIS SEPEDA MOTOR SMK PALAPA SEMARANG - CD Skripsi
ABSTRAK
Qoniatul Masruroh. 2022. Pengaruh Teaching Factory dan Sarana
Prasarana Bengkel Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis
Sepeda Motor Kompetensi Sistem Rem Kelas XI TBSM SMK Palapa Semarang.
Skripsi. Semarang. Pendidikan Vokasional Teknik Mesin. Fakultas Sains dan
Teknologi. Universitas Ivet Semarang.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh Teaching Factory
dan sarana prasarana bengkel terhadap hasil belajar mata pelajaran pemeliharaan
sasis sepeda motor kompetensi sistem rem kelas XI TBSM SMK Palapa
Semarang. Penelitian yang dilakukan termasuk dalam penelitian kuantitatif yang
menggunakan pendekatan ex post facto, dimana penelitian ini mengkaji pengaruh
variabel bebas Teaching Factory (X1) dan sarana prasarana bengkel (X2), terhadap
variabel terikat hasil belajar mata pelajaran pemeliharaan sasis sepeda motor
kompetensi sistem rem(Y). Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI TBSM
SMK Palapa Semarang yang terdiri dari 3 kelas dengan populasi 108 siswa dan
diambil sampel sebanyak 84 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan
Angket dan raport. Sedangkan alat uji Analisis pengumpulan datanya
menggunakan bantuan program SPSS 24.0.
Analisis dalam penelitian ini menggunakan uji validasi dan realibilitas,uji
analisis deskriptif, uji linier berganda, uji t, uji f dan uji koefesien determinan.
Hasil uji hipotesis teaching factory berpengaruh positif signifikan terhadap hasil
belajar mata pelajaran pemeliharaan sasis sepeda motor kompetensi sistem
remkelas XI TBSM SMK Palapa Semarang dengan menunjukan nilai thitung > ttabel
sebesar (7,032 > 2,660) nilai signifikasi 0,000 < 0,05 dan sumbangan relatifnya
sebesar 58%. (2) Sarana prasarana berpengaruh positif signifikan terhadap hasil
belajar mata pelajaran pemeliharaan sasis sepeda motor kompetensi sistem
remkelas XI TBSM SMK Palapa Semarang yang ditunjukan nilai thitung > ttabel
sebesar (8,063 > 2,660) nilai signifikasi 0,000 < 0,05 dan sumbangan relatifnya
sebesar 62,5%. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara teaching
factory Dan Sarana prasarana Terhadap hasil belajar mata pelajaran pemeliharaan
sasis sepeda motor kompetensi sistem remkelas XI TBSM SMK Palapa Semarang
yang ditunjukan dengan Fhitung 135,485 > Ftabel 2,660 nilai signifikasi 0,000 < 0,05
dan sumbangan relatifnya sebesar 76,4%.
Kata Kunci: Teaching Factory, Sarana Prasarana, Hasil Belajar Sistem Rem
018/PVTMO/PUS/I/2022 | 018/PVTM-O/PUS/I/2022 | Perpustakaan Pusat (PVTMO) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain