Text
Skripsi : PENINGKATAN HASIL BELAJAR PERAWATAN SISTEM STARTER MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA VIDEO PADA KELAS XI TBSM 2 DI SMK PGRI 1 TAMAN - CD Skripsi
ABSTRAK
Nurdiana Sofiani Peningkatan hasil belajar Perawatan Sistem Starter Melalui Model
Problem Based Learning dengan Media Video pada Kelas XI TBSM 2 di SMK PGRI
1 Taman Pemalang. Semarang, Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains
dan Teknologi Universitas Ivet Semarang, 2021.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) meningkatkan hasil belajar siswa kelas
XI TBSM 2 SMK PGRI 1 Taman Pemalang, (2) peningkatan keaktifan belajar siswa
kelas XI TBSM 2 SMK PGRI 1 Taman Pemalang, (3) penerapan model pembelajaran
Problem based learning pada proses belajar mengajar perawatan sistem starter melalui
modelpembelajaran problem based learning dengan media video oleh guru. Jenis
penelitian ini adalah penilitian tindakan kelas berkolaborasi dengan guru dan siswa XI
TBSM 2 SMK PGRI 1 Taman Pemalang yang berjumlah 33 siswa. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini melalui pemecahan – pemecahan masalah dan
observasi selama proses pembelajaran berlangsung. Analisis dalam penelitian ini
menggunakan deskriptif kuantitatif untuk memaparkan hasil yang diperoleh siswa dan
kualitatif untuk memaparkan lembar observasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan hasil belajar perawatan system starter
melalui model Problem Based Learning dengan media video pada siswa kelas XI
TBSM 2 SMK PGRI 1 Taman Pemalang. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan
dari Siklus I ke Siklus II. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa dari 54% menjadi
93%. Guru mendekati siswa yang belum dan kurang aktif untuk di berikan arahan
supaya lebih aktif baik mendengar, menanya dan menanggapi untuk lebih memahami
materi yang di sampaikan oleh guru. Dan hasilnya dapat di simpulkan bahwa
penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar
perawatan sistem starter dengan media video pada siswa kelas XI TBSM 2 SMK PGRI
1 Taman Pemalang
Kata kunci : Problem Based Learning, Peningkatan hasil belajar siswa, keaktifan siswa
dan kinerja guru pada perawatan sistem starter
019/PVTMO/PUS/I/2022 | 019/PVTM-O/PUS/I/2022 | Perpustakaan Pusat (PVTM-O) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain