Text
Skripsi : PENGARUH VARIASI JENIS BAHAN BAKAR DAN VARIASI CELAH BUSI TERHADAP PERFORMA DAN EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR MATIC HONDA BEAT POP 110 CC TAHUN 2015 - CD Skripsi
ABSTRAK
KEKE FITRI AFISTA (C3217110011). PENGARUH VARIASI JENIS
BAHAN BAKAR DAN VARIASI CELAH BUSI TERHADAP
PERFORMA DAN EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR
HONDA BEAT POP 110 CC TAHUN 2015. UNIVERSITAS IVET
SEMARANG.
Honda beat pop merupakan sepeda motor yang menerapkan prinsip kerja
empat langkah dengan system EFI (Electronic Fuel Injection), busi adalah
system pengapian pada kendaraan bermotor adalah untuk menghasilkan
percikan bunga api pada busi untuk membakar campuran bahan bakar dan
udara didalam silinder pada saat yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah:
Untuk mengetahui pengaruh variasi jenis bahan bakar dan variasi celah busi
terhadap performa sepeda motor matic honda beat pop 110cc tahun 2015
yang meliputi torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar spesifik (SFC). Untuk
mengetahui pengaruh variasi jenis bahan bakar dan variasi celah busi
terhadap emisi gas buang pada sepeda motor matic honda beat pop 110cc
tahun 2015. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Sampel
penelitian yang digunakan adalah sepeda motor Honda Beat Pop 110 cc
Tahun 2015.
Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan 1) variasi celah busi
mempengaruhi pada hasil torsi (Nm) dari mesin. Hasil torsi pada motor
Honda beat pop 110cc terjadi pada putaran mesin 2000 rpm dengan angka
2,55 Nm pada celah busi 0,75 mm dengan menggunakan pertamax.
Penggunaan bahan bakar pertamax yang menggunakan variasi celah busi 0,75
mm dapat meningkatkan persentase daya 47%. 2) Dari hasil penelitian variasi
celah busi berpengaruh pada Daya (Hp) dari suatu mesin. Hasil Daya terbesar
sepeda motor Honda beat pop 110cc terjadi pada putaran mesin 6000 rpm
dengan angka 0,974 Ph pada celah busi 0,75 mm dengan bahan bakar
pertalite penggunaan bahan bakar pertalite yang menggunakan variasi celah
busi 0,75 mm dapat meningkatkan persentase daya 19% Hp. 3) Dari hasil
penelitian, variasi celah busi berpengaruh pada konsumsi bahan bakar
spesifik (SFC) dari mesin. Pada penelitian ini hasil SFC terbesar pada sepeda
motor Honda beat pop 110cc menggunakan bahan bakar pertamax turbo 5 ml
menggunakan variasi celah busi menunjukkan hasil terbaik pada variasi celah
busi 0,90 mm yaitu 0.60886 kg/jam pada putaran mesin 8000 rpm. 4) Dari
hasil penelitian yang di lakukan variasi celah busi berpengaruh pada gas sisa
pembakaran CO (%) dari suatu mesin. Emisi gas buang tertinggi pada
penggunaan pertamax sebesar 1,844 pada variasi celah busi 0,50 mm pada
putaran mesin 3000 rpm. Emisi CO juga berkurang ketika beban mesin
meningkat karena meningkatnya rasio udara bahan bakar dan menghasilkan
pembakaran yang lebih baik.
Kata Kunci: Pengaruh Variasi Celah Busi Terhadap Torsi, Daya, Emisi Gas
Buang, dan Konsumsi Bahan Bakar Spesifik
020/PVTMO/PUS/I/2022 | 020/PVTM-O/PUS/I/2022 | Perpustakaan Pusat (PVTM-O) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain