Text
Skripsi : SIKAP DALAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA (PTM) PASCA PPKM SISWA SMK MUHAMMADIYAH 2 SEMARANG - CD Skripsi
ABSTRAK
Monica Ayu Andani (2022). Sikap Dalam Pembelajaran Tatap Muka (PTM)
Pasca PPKM Siswa SMK Muhammadiyah 2 Semarang. Skripsi, Jurusan
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Ivet Semarang. Pembimbing Utama Drs. Sukoco, M.Pd
dan Pembimbing Pendamping Sri Muryati, SH, M.Pd.
Pasca PPKM SMK Muhammadiyah 2 Semarang melaksanakan PTM
(pembelajaran tatap muka), seperti diketahui pandemi lalu menyebabkan
banyaknya perubahan dalam sektor segala aktifitas kehidupan manusia, terutama
Pendidikan. Pembentukan dan perubahan sikap manusia tidak terjadi begitu saja,
melainkan melalui suatu proses tertentu secara bertahap dan melalui tahapan
perkembangan dan dipengaruhi oleh banyak faktor. Begitu juga sikap siswa
dalam proses perkembangannya dipengaruhi oleh banyak factor. Pada era PTM ini
mayoritas siswa di SMK Muhammadiyah 2 Semarang antusias dalam
melaksanakan PTM.
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan sikap dalam pembelajaran
tatap muka pasca PPKM siswa SMK Muhammadiyah 2 Semarang, (2)
mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi sikap dalam pembelajaran
tatap muka pasca PPKM siswa SMK Muhammadiyah 2 Semarang (3)
mendeskripsikan upaya-upaya yang dilakukan dalam pembinaan sikap dalam
pembelajaran tatap muka pasca PPKM siswa SMK Muhammadiyah 2 Semarang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif fenomenologis. Teknik
pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah wawancara mendalam
(In-Dept Interview), observasi/ pengamatan dan dokumentasi. Penelitian ini
dilakukan pada siswa dan tenaga pendidik di SMK Muhammadiyah 2 semarang.
Untuk Menguji keabsahan data di gunakan teknik trianggulasi. Teknik analisis
data menggunakan teknik analisis Model Interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan: (1)Sikap yang terjadi pada siswa itu berbedabeda setiap individu. (2) Manusia selalu dipengaruhi oleh faktor yang berasal dari
luar diri (faktor eksogen) dan faktor dari dalam diri (faktor indogen). (3)
Beberapa anak memiliki perasaan senang dengan pembelajaran daring dan
beberapa anak lebih berpihak pada pembelajaran tatap muka. (4) Pada era PTM
ini mayoritas siswa di SMK Muhammadiyah 2 Semarang antusias dalam
melaksanakan PTM.
Kata kunci: Sikap Siswa, Pembelajaran Tatap Muka (PTM), Pemberlakuan
Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)
007/PPKN/PUS/II/2022 | 007/PPKN/PUS/II/2022 | Perpustakaan Pusat (PPKN) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain