Text
Artikel : PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES IPA HOTS : ETHNO-STEM BERBASIS GAMELAN JAWA - CD Skripsi
ABSTRAK
Ethno-STEM layak untuk mengakomodasi keterampilan berpikir tingkat tinggi atau High
Order Thinking Skills (HOTS). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes IPA HOTS
berbasis etno-STEM gamelan Jawa yang layak digunakan. Penelitian pengembangan ini mengacu pada
model pengembangan 4-D (Empat-D) Thiagarajan dengan tahapan, pendefinisian, perancangan,
pengembangan, dan penyebarluasan. Sampel dalam penelitian ini adalah 24 peserta didik kelas VIII.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli pembelajaran, lembar validasi
praktisi, angket peserta didik, dan hasil tes kemampuan peserta didik. Analisis data kelayakan instrumen
tes IPA HOTS menunjukkan: (1) penilaian baik ahli maupun praktisi, dengan keseluruhan skor tergolong
dalam kategori sangat baik dan hasil respon siswa tergolong dalam kategori baik; (2) Uji reliabilitas
menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,8 sehingga dinyatakan reliabel. Dengan demikian, instrumen
berbasis etno-STEM gamelan Jawa pada gelombang Getaran dan Bunyi layak digunakan untuk
meningkatkan dan mengoptimalkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik.
Kata Kunci : Ethno-STEM, High Order Thinking Skills (HOTS).
001/IPA/PUS/II/2022 | 001/IPA/PUS/II/2022 | Perpustakaan Pusat (IPA) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain