Text
Artikel : PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS ETHNO-STEM DENGAN MATERI VOLUME BENDA PUTAR - CD Skripsi
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Ethno-STEM
dengan materi volume benda putar yang valid sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. Ethno-STEM
menjadi suatu inovasi dalam pembelajaran matematika yang menggabungkan pendekatan etnomatematika
dengan pendekatan STEM. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R & D) dengan
model pengembangan 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D dikarenakan keterbatasan waktu penelitian.Tahapan
yang dilakukan yaitu tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), dan tahap pengembangan
(Develop) Pada penelitian ini hanya dilakukan uji validasi produk. Instrumen yang digunakan yaitu lembar
validasi untuk mengukur kelayakan produk. Hasil dari penelitian ini menunjukkan produk LKPD yang
dikembangkan memenuhi kriteria sangat layak dengan rata-rata keseluruhan yang diperoleh sebesar 87,11 %. Hal
tersebut menunjukkan bahwa produk dari pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Ethno-STEM
dengan volume benda putar memungkinkan dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran matematika.
Kata kunci: LKPD, Ethno-STEM, volume benda putar
002/MAT/PUS/II/2022 | 002/MAT/PUS/II/2022 | Perpustakaan Pusat (Matematika) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain