Text
Artikel : PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ETHNO-STEM PADA MATERI VOLUME BENDA PUTAR INTEGRAL - CD Skripsi
Abstrak. Pembelajaran di Abad-21 ini membutuhkan pendekatan yang dapat
meningkatkan pembelajaran matematika yang tetap memperhatikan kebudayaan
daerah dengan memanfaatkan teknologi. E-Modul berbasis Ethno-STEM dapat
menjadi salah satu alternatif yang dapat mendukung proses pembelajaran
matematika secara daring. Tujuan umum penelitian ini adalah menghasilkan bahan
ajar berupa e-modul yang layak untuk menunjang pembelajaran matematika dengan
pendekatan Ethno-STEM, adapun tujuan khusus penelitian ini adalah untuk
mengetahui tingkat validitas e-modul. Jenis penelitian ini adalah penelitian &
pengembangan atau Research & Development (R&D) dengan model penelitian 4D
(Define, Design, Develop, and Disseminate), tetapi pada penelitian ini hanya sampai 3D
karena terkendala dengan keterbatasan waktu. Data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah kuantitatif diperoleh skor dari lembar validasi yang
memperoleh skor rata-rata persentase akhir sebesar 83% dengan kriteria penilaian
sangat layak dan data kualitatif diperoleh dari kritik, masukan, dan saran dari
validator. Keputusan dari validator dapat dilihat dari kesimpulan yang telah diisi
pada lembar validasi. Dari 3 validator diantaranya 2 validator memutuskan layak
dengan revisi dan 1 validator memutuskan layak tanpa revisi. Sehingga dilakukan
revisi sesuai dengan saran dan masukan validator untuk menjadikan e-modul dalam
kriteria layak.
Kata Kunci: E-Modul, Pengembangan, Volume Benda Putar
001/MAT/PUS/II/2022 | 001/MAT/PUS/II/2022 | Perpustakaan Pusat (Matematika) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain