Text
Skripsi : PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAAN SIMULASI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI ERA PANDEMI COVID 19 DI SMK AL-QUR’AN DAN DAKWAH ALAM SECANG - CD Skripsi
ABSTRAK
Ridwan Saputra (2021), Pengembangan Modul Pembelajaran Simulasi
Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid-19 Di
SMK Al-Qur’an Dan Dakwah Alam Secang. Skripsi. Pendidikan Komputer.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas IVET Semarang.
Penelitian skripsi ini fokus untuk mengetahui penggunaan Modul
Pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Simulasi
Digital melalui penggunaan Modul Digital Di kelas X SMK ADA Magelang.
Penelitian ini adalah penelitian R&D (Research and Development) yang
bersifat deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data atau instrumen penelitian
menggunakan Observasi, Wawancara, Dokumentasi, Pre-Test, dan Post-Test.
Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dari hasil nilai Pre-Test lebih rendah dibanding
Post-Tesr dengan mendapatkan rata-rata nilai 62, Post-Test mendapatkan rata-rata
nilai 94, Uji coba lapangan mendapatkan skor 189(Skor Maksimal 200), serta uji
coba kelompok kecil mendapatkan skor 182 (Skor maksimal 200) menunjukan
bahwa Penggunaan Metode Pengembangan R&D (Research and Development)
serta uji coba dalam Proses Pembelajaran kelas X di SMK ADA Secang Magelang
berjalan dengan baik. Dampak positif peserta didik senang mengikuti proses
pembelajaran. Dengan menggunakan Media Pembelajaran Modul Digital yang
terstruktur dan tampilan yang baru di dalam pelajaran, mampu meningkatkan hasil
belajar siswa.
Kata Kunci: Modul Pembelajaran, Simulasi Digital, R&D
003/TIK/PUS/II/2022 | RID p | Perpustakaan Pusat (Informatika) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain