Text
Skripsi : EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DENGAN MODEL POJECT BASED LEARNING ( PJBL ) TERHADAP MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DI SMK AL – FALAH WINONG - CD Skripsi
ABSTRAK
Anton, Muhammad. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring dengan Model
Poject Based Learning (PJBL) terhadap Mata Pelajaran Gambar Teknik di SMK
AL–FALAH WINONG. PVTMO. Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Ivet.
137 Halaman.
Munculnya wabah COVID-19 di Indonesia mengakibatkan kendala dalam
berbagai sektor. Salah satu sektor yang mengalami kendala adalah sektor
pendidikan. Kegiatan belajar mengajar harus dilaksanakan secara daring (online).
Banyak siswa kelas X jurusan TBSM SMK AL-FALAH WINONG yang
mengeluhkan tentang pelaksanaan pembelajaran daring, khususnya pada mata
pelajaran gambar teknik. Berdasarkan persentase hasil Ulangan Harian (UH)
tahun 2021 kelas X diperoleh hasil bahwa hanya 37,5% siswa yang mampu
mencapai KKM yang telah ditetapkan pada mata pelajaran gambar teknik.
Berdasarkan hasil belajar siswa yang masih rendah dalam pembelajaran, maka
diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan efektivitas
pembelajaran daring. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan
efektivitas pembelajaran daring adalah Model Poject Based Learning (PjBL).
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui ketuntasan belajar secara
klasikal dalam pembelajaran daring dengan model Project Based Learning (PJBL)
pada mata pelajaran gambar teknik. (2) mengetahui rata-rata nilai siswa dalam
pembelajaran daring dengan model Project Based Learning (PJBL) pada mata
pelajaran gambar teknik telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). (3)
mengetahui efektivitas pembelajaran secara daring dengan model Project Based
Learning ( PJBL ) pada mata pelajaran gambar teknik.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa SMK AL-Falah Winong kelas X TBSM. Sampel dipilih dengan teknik
simple random sampling. Sampel penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas X TBSM 1 dan X TBSM 3. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan menggunakan metode tes.
Berdasarkan hasil tes gambar teknik siswa kelas penelitian dikatakan
mencapai ketuntasan secara klasikal. Berdasarkan hasil uji proporsi diperoleh nilai
z = 1,68 > 1,65 = . Sehingga terbukti bahwa siswa yang tuntas di kelas
penelitian lebih dari 75%. Hal tersebut juga diperkuat dengan kenyataan di kelas
penelitian bahwa sebanyak 84,21% atau 32 dari 38 siswa memperoleh nilai tes
gambar teknik lebih dari atau sama dengan 75.
Pada penelitian ini, untuk menguji ketuntasan belajar secara rata-rata
digunakan uji t. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai t hitung = 4,701 > 1,69 = t
tabel. Sehingga terbuti bahwa kemampuan tes gambar teknik siswa mencapai
ketuntasan belajar secara rata-rata yaitu rata-rata nilai siswa lebih dari atau sama
dengan 75. Selain itu, hasil tersebut juga diperkuat dengan kenyataan di kelas
penelitian bahwa rata-rata nilai dari 38 siswa adalah 79,57.
Kata kunci : Pembelajaran Daring, Model Poject Based Learning (PJBL),
Gambar Teknik.
002/PVTMO/PUS/I/2022 | Perpustakaan Pusat (PVTM-O) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain