Text
SKRIPSI : MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI PERMAINAN TEBAK NAMA BINATANG DI TPA RUMAH BELAJAR SAI KALISOKA DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL
LENI ASTUTI: Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Anak Usia 3-4
Tahun melalui Permainan Tebak Nama Binatang di TPA Rumah Belajar
SAI Kalisoka Dukuhwaru Kabupaten Tegal
Latar belakang masalah adalah: Kemampuan komunikasi anak usia 3-4
tahun di TPA Rumah Belajar SAI Kalisoka Dukuhwaru Kabupaten Tegal belum
optimal dan perlu ditingkatkan. Oleh sebab itu perlu dilakukan sebuah tindakan
agar kemampuan komunikasi anak usia 3-4 tahun di TPA Rumah Belajar SAI bisa
meningkat. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah melalui tindakan kelas
dengan melalui permainan tebak nama binatang.
Tujuan penelitian adalah meningkatkan komunikasi anak usia 3-4 tahun di
TPA Rumah Belajar SAI Kalisoka Dukuhwaru Kabupaten Tegal.
Jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
menggunakan 2 (dua) Siklus. Setiap siklus dilakukan dengan 2 (dua) kali
pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan
refleksi. Subjek dalam penelitian yaitu anak usia 3-4 tahun di TPA Rumah Belajar
SAI yang berjumlah 15. Data diperoleh dengan dokumentasi, observasi, dan
wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui permainan tebak nama
binatang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi anak usia 3-4 tahun di
TPA Rumah Belajar SAI. Hasil observasi yang dilakukan pada saat pra tindakan
atau pra siklus mencapai 18,33%, pada siklus I mencapai 58,32%, dan siklus II
mencapai 83,32% dengan kriteria berkembang sesuai harapan dan berkembang
sangat baik. Hal tersebut telah mencapai indikator keberhasilan penelitian yang
ditetapkan sebesar 75%.
Kata Kunci: Kemampuan komunikasi anak, permainan tebak nama binatang,
anak usia 3-4
003/PAUD/PUS/2?2023 | 003/PAUD/PUS/2?2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain