Text
SKRIPSI : UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI PERMAINAN KANDANG KELINCI PADA KELOMPOK A DI TK RUMAH BELAJAR SAI
YOSI MURNIA: Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang
Bilangan Melalui Permainan Kandang Kelinci Pada Kelompok A Di TK
Rumah Belajar SAI.
Latar belakang masalah adalah: kemampuan mengenal lambang bilangan
pada kelompok A di TK Rumah Belajar SAI belum optimal dan perlu ditingkatkan.
Oleh sebab itu perlu dilakukan sebuah tindakan agar kemampuan mengenal
lambing bilangan di TK Rumah Belajar SAI bisa meningkat. Salah satu cara yang
bisa dilakukan adalah melalui tindakan kelas dengan menggunakan permainan
kandang kelinci.
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan mengenal lambing
bilangan melalui permainan kandang kelinci pada kelompok A Di TK Rumah
Belajar SAI Kalisoka Kecamatan Dukuhwaru.
Jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas ( PTK ) dengan
menggunakan 2 Siklus. Setiap siklus dilakukan dengan dua kali pertemuan dengan
tahapan: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam
penelitian yaitu kelompok A dengan usia 4-5 tahun di TK Rumah Belajar SAI
kalisoka kecamatan Dukuhwaru yang berjumlah 15 anak. Data diperoleh dengan
dokumentasi dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif
presntase ( DP ).
Hasil penelitian menunjukan bahwa permainan kandang kelinci dapat
meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada kelompok A di TK
Rumah Belajar SAI. Hasil observasi yang dilakukan pada saat pra tindakan atau pra
Siklus mencapai 10,01%, pada siklus I mencapai 42,51% dan siklus II mencapai
80,83% dengan kriteria berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik.
Hal tersebut telah mencapai indikator keberhasilan penelitian yang ditetapkan
sebesar 75%.
Kata kunci: kemampuan mengenal lambang bilangan,permainan kandang kelinci,
kelompok A
004/PAUD/PUS/2?2023 | 004/PAUD/PUS/2?2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain