Text
SKRIPSI : UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI METODE BERCERITA TEMA ISLAMI PADA KELOMPOK A DI TK AL-QOMAR KALISOKA
NURLAELA: Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional
Melalui Metode Bercerita Tema Islami Pada Kelompok A di TK Al-Qomar
Kalisoka
Latar belakang masalah adalah: Perkembangan social emosional anak pada
kelompok A di Tk Al-Qomar Kalisoka belum optimal dan perlu ditingkatkan.
Oleh sebab itu perlu dilakukan sebuah tindakan agar perkembangan sosial
emosional anak pada kelompok A di TK Al-Qomar Kalisoka bisa meningkat.
Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah melalui tindakan kelas dengan
menggunakan metode bercerita tema islami.
Tujuan penelitian adalah meningkatkan perkembangan sosial emosional
melalui metode bercerita tema islami pada kelompok A di TK Al-Qomar
Kalisoka.
Jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
menggunakan 2 (dua) Siklus. Setiap siklus dilakukan dengan 2 (dua) kali
pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan
refleksi. Subjek dalam penelitian yaitu kelompok A di TK Al-Qomar Kalisoka
yang berjumlah 15 anak terdiri dari 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Data
diperoleh dengan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Analisis data yang
digunakan adalah analisis deskriptif persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bercerita tema islami dapat
meningkatkan perkembangan sosial emosional anak di TK Al-Qomar Kalisoka.
Hasil observasi yang dilakukan pada saat pra tindakan atau pra siklus mencapai
31,66%, pada siklus I mencapai 51,66%, dan siklus II mencapai 80,82% dengan
kriteria berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik. Hal tersebut
telah mencapai indikator keberhasilan penelitian yang ditetapkan sebesar 75%.
Kata Kunci: Perkembangan social emosional, metode bercerita tema islami,
kelompok A anak usia dini.
006/PAUD/PUS/2/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain