Text
SKRIPSI : STRATEGI PENANAMAN NILAI-NILAI ANTI KORUPSI DI SMK AL-QUR’AN DAN DAKWAH ALAM SECANG
Muhammad Zainuddin, 1119110023 “Strategi Penanaman Nilai-nilai Anti Korupsi di SMK ADA Secang”, skripsi, Pendidikan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Ivet Semarang 2023.
Secara sederhana korupsi dapat diartikan busuk, suap, menerima uang sogok, atau dengan kata lain menyelewengkan uang/barang milik perusahaan atau negara. Hampir setiap hari dalam beberapa tahun terakhir, korupsi selalu menghiasi berbagai surat kabar di Indonesia. Salah satu pelajaran di sekolah yang menananmkan aspek moral yang sesuai dengan nilai Pancasila adalah Pendidikan kewarganegaraan. Pendidikan kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang mengfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajiban untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil, berkarakter, yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945. Salah satu nilai moral yang berusah ditanamkan melalui mata pelajaran PKn adalah nilai antikorupsi. Secara praktis penanaman nilai-nilai anti korupsi dalam Pendidikan kewarganegaraan pada siswa bertujuan untuk membentuk sikap dan perilaku anti korupsi. Harapannya sebagai anggota masyarakat, siswa mampu menentukan nilai-nilai moral yang menjadi pegangangan dalam memilih nilai yang sesuai dengan norma yang telah ada yang mencerminkan perilaku anti korupsi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, (1) strategi apakah yang digunakan dalam penanaman nilai-nilai antikorupsi di SMK ADA Secang, (2) bagaimana peran guru dalam penanaman nilai-nilai anti korupsi di SMK ADA Secang, (3) factor-faktor apa saj yang menjadi pendukung dan penghambat dalam penanaman nilai-nilai anti korupsi di SMK ADA Secang.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan mode pengumpulan data dengan pengamatan (observation), metode wawancara/interview, serta metode dokumentasi. Untuk menguji validitas data penelitian, peneliti menggunakan Teknik triangulasi ( membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara)
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan di SMK ADA Secang adalah (1) strategi Sosial dengan menggunakan metode pembelajaran Koperatif Student Teams Achievement Division (STAD) yaitu guru memberikan pengarahan secara klasikal tentang bahaya korupsi, kemudian guru menyuruh siswa diskusi untuk memecahkan masalah (2) peran guru dalam penanaman nilai-nilai antikorupsi adalah guru mengambil peran menjadi demonstrator dan inovator dan guru juga menunjukkan sikap-sikap yang bisa menjadi contoh untuk siswa agar tidak melakukan korupsi (3) factor yang mendukung dalama menanamkan nilainilai antikorupsi yaitu, adanya materi anti korupsi dalam PKn, factor yang
6
menhambat dalam menanamkan nilai-nilai antikorupsi yaitu, masih adanya siswa yang tidak disiplin dan tidak sportif, factor lingkungan peserta didik.
Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah ; (1) Penanaman nilai-nilai antikorupsi sebaiknya tidak hanya dilakukan oleh guru, akan tetatapi pihak sekolah juga bisa mengundang dari pihak luar seperti KPK atau POLRI. (2) sebisa mungkin semua guru harus mengambil peran dalam memberikan contoh kepada siswa tentang perilaku antikorupsi, (3) upaya penanaman nilai-nilai antikorupsi dalam pembelajaran hendaknya dilakukan secara menarik dan kreatif sehingga dapat menarik minat siswa untuk memahami makna korupsi, bahaya dan upaya pencegahan tindak pidana korupsi, sehingga siswa dapat mengamalkan nilai-nilai antikorupsi dalam kehidupan sehari-hari.
004/PPKn/PUS/II/2023 | 004/PPKn/PUS/II/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain