Text
SKRIPSI : IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN PPKN DI SMA NEGERI 1 MRANGGEN
Muhammad Lutfil Huda (1119110008), Implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajatan PPKn di SMA Negeri 1 Mranggen. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet 2023. Kurikulum Merdeka adalah Kurikulum nasional yang dirancang untuk mengembangkan potensi peserta didik secara mandiri, kreatif, dan inovatif dengan fokus pada keterampilan abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SMA Negeri 1 Mranggen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, pengamatan, dan pemanfaatan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka pada pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Mranggen telah mengadopsi berbagai pendekatan yang menarik dan interaktif. Pembelajaran dilakukan dengan pendekatan praktek, di mana siswa berpartisipasi aktif dan diberi kesempatan untuk memberikan contoh pelanggaran setiap sila Pancasila. Pembelajaran juga dilakukan di luar kelas dengan penerapan tugas-tugas yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa, seperti membuat video dan menggunakan Google Form. Namun, penerapan Kurikulum Merdeka juga menghadapi beberapa kendala. Kendala tersebut antara lain kurangnya pemahaman dari sebagian guru mengenai konsep dan tujuan Kurikulum tersebut, peralihan dari Kurikulum 2013 ke Kurikulum baru, serta keterbatasan pada koordinasi dan penyampaian model pembelajaran secara seragam. Untuk mengatasi kendala-kendala tersebut, sekolah telah menerapkan langkah-langkah strategis, seperti pengawasan langsung oleh kepala sekolah, pelatihan guru melalui Program Mengembangkan Metode (PMM), dan musyawarah guru mata pelajaran. Modul Kurikulum Merdeka juga telah disiapkan sebagai panduan, tetapi guru diberi kebebasan untuk membuat modul sesuai dengan karakteristik siswa.
ix
Upaya-upaya tersebut bertujuan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan semangat Kurikulum Merdeka, sehingga dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam memahami dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dan kewarganegaraan secara lebih baik.
Kata kunci: Implementasi Kurikulum Merdeka, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
007/PPKn/PUS/II/2023 | 007/PPKn/PUS/II/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain