Text
SKRIPSI : PERAN PEMBELAJARAN BIDANG STUDI PPKN TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN DAN KERJA KERAS PADA SISWA KELAS XA SMK ADA SECANG MAGELANG SKRIPSI
Irvan Hariandi. Peran Pembelajaran Bidang Studi Ppkn Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Dan Kerja Keras Pada Siswa Kelas Xa Smk Ada Secang Magelang. PPKn. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.Universitas Ivet Semarang 2023. 67 Halaman. Penelitian ini dilatar belakangi oleh perhatian penulis terhadap pentingnya karakter disiplin dan kerja keras pada diri seorang manusia. Di mana manusia yang hidup pada zaman modern ini sudah mulai melupakan pentingnya karakter disiplin dan kerja keras yang kuat. Orang-orang terlalu sibuk dengan mengikuti kemajuan zaman, sehingga meninggalkan norma-norma kehidupan yang telah diwariskan oleh para pendahulu kita. Karakter disiplin dan kerja keras kuat sebagai bekal diri dalam menjalani kehidupan sebagai mahluk sosial harus tertanam pada diri setiap orang, terutama pada diri seorang anak. Karena masa ini adalah masa yang paling gepat untuk membentuk karakter disiplin dan kerja keras kuat pada diri manusia. Fokus yang dikaji dalam skripsi ini adalah tentang pendidikan agama dalam membentuk sifat mulia anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenoligik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data digunakan model inetrakif dari huberman dan miles meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan tringulasi metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Pendidikan PKn sangatlah penting dalam membentuk karakter disiplin dan kerja keras siswa: (2) Pelaksanaan pendidikan PKn dalam membentuk karakter disiplin dan kerja keras kuat pada siswa kelas X.a berjalan dengan baik dan metode yang digunakan bersifat subjektif dimana masing-masing pengajar memilik metode tersendiri dalam mendidik siswa;(3) anak telah mampu mengimplementasikan ilmu yang telah mereka pelajari ke dalam kehidupan sehari-hari;(4) faktor penghambat meliputu: pertama, karakter disiplin dan kerja keras anak yang berbeda-beda karena berasal dari suku daerah yang berbeda-beda. Kedua, beberapa oknum siswa yang membuat peran buruk terhadap siswa lainnya;(5) solusi yang di tempuh unuk menangani kendala atau hambatan meliputi: (1) banyak dilakukannya pencerahan dari para dewan guru;(2) dengan membuat program bimbingan khusus oleh wali kelas dan wali asrama;(3) melakukan pengawasan ekstra terhadap keseharian para siswa yang ada. Kata Kunci: Pendidikan, PKn, Karakter disiplin dan kerja keras.
009/PPKn/PUS/II/2023 | 009/PPKn/PUS/II/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain