Text
SKRIPSI : UPAYA GURU DALAM MENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMK AL-QUR’AN DAN DAKWA ALAM SECANG
Bau Rifki Maaulana, NPM 1119110022. Upaya Guru Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Ppkn di SMK Al-Qur’an Dan Dakwah Alam Secang. Skeripsi. FKIP. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ivet Semarang, 2023. 66 Halaman
Upaya guru merupakan suatu usaha yang dilakukan guru dalam memecahkan suatu masalah sehingga dapat tercapainya tujuan dari lembaga pendidikan tersebut. Guru sangat menentukan keberhasilan siswa, terutama kaitannya dengan proses belajar mengajar dan membentuk kompetensi siswa menjadi lebih baik. Kualitas pembelajaran dapat dikatakan sebagai gambaran mengenai baik-buruknya hasil dan pemahaman yang dicapai oleh siswa setelah kegiatan pembelajaran dilakukan. Ppkn sebagai salah satu mata pelajaran wajib di SMK khususnya, sehingga sebagian siswa masih kurang antusias dan cenderung kurang memperhatikan penjelasan guru serta sibuk dengan kegiatan mereka masingmasing di dalam kelas. Maka dalam hal ini guru Ppkn dituntut untuk melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Ppkn. Oleh karena itu Peneliti melakukan penelitian mengenai Bagaimana upaya guru dalam peningkatan kualitas pembelajaran Ppkn di SMK Aq-qur’an dan Dakwa Alam Secang?. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui upaya guru dalam peningkatan kualitas pembelajaran Ppkn di SMK Aq-qur’an dan Dakwa Alam Secang.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SMK Aq-qur’an dan Dakwa Alam Secang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif, sumber datanya adalah Guru Ppkn dan Siswa sebagai data primer (data utama) dan Kepala Sekolah sebagai data sekunder (data pelengkap). Pengumpulan
data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan lebih dahulu memfokuskan pada data kemudian disajikan dalam teks yang bersifat deskriptif, dan ditarik kesimpulan dengan memaparkan secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan guru Ppkn dalam peningkatan kualitas pembelajaran Ppkn sudah cukup baik. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan dari upaya-upaya yang telah dilakukan guru Ppkn dalam peningkatan kualitas pembelajaran, adapun hal-hal yang telah dilaksanakan oleh guru Ppkn dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran Ppkn antara lain: (1) meniatkan diri untuk memberikan ilmu dengan penuh cinta dan keikhlasan, (2) menyampaikan ilmu dengan menarik dan penuh semangat, (3) membiasakan diri bertanya untuk kemajuan diri, (4) menjadikan kegiatan membaca sebagai kebiasan, (5) mengikuti seminar dan training. Kata Kunci : Upaya, Guru, Peningkatan, Pembelajaran
011/PPKn/PUS/II/2023 | 011/PPKn/PUS/II/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain