Text
SKRIPSI : UPAYA GURU DALAM PEMBINAAN BUDI PEKERTI SISWA DI SMK AL - QUR’AN DAN DAKWAH ALAM SECANG KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Abdullah Azmi Syahid Fiellah, 2023. “ UPAYA GURU DALAM PEMBINAAN BUDI PEKERTI SISWA DI SEKOLAH SMK AL-QUR’AN DAN DAKWAH ALAM SECANG MAGELANG TAHUN AJARAN 2022/2023”. Jurusan pendidikan kewarganegaraan fakultas keguruan ilmu pendidikan universitas ivet semarang.
Budi pekerti adalah bentuk sikap, tingkah laku, perilaku yang merupakan modal dasar yang harus dimiliki siswa untuk mampu menuju kehidupan yang lebih lanjut. Dengan demikian budi pekerti seseorang bisa menerapkannya di semua aspek kehidupan, baik di sekolah, masyarakat, bangsa dan Negara. Di dunia ini pendidikan budi pekerti merupakan pengajaran yang sangat penting untuk mencetak warga Negara yang berpancasila dan berakhlaq mulia. Juga sebagai sarana untuk menciptakan perilaku untuk berbudi pekerti luhur dan tidak menyimpang dari peraturan. Demi menciptakan siswa dan sumber daya manusia yang bermutu di era globalisasi sekarang ini maka guru sekolah, kepala sekolah serta siswa melaksanakan dan menanamkan nilai-nilai budi pekerti dengan penuh tanggung jawab. Berhasil tidaknya pengajaran pembinaan budi pekerti kepada siswa guru dan semua pihak yang ikut berpartisipasi guna mencapai tujuan yang diharapkan. Pokok pemasalahan yang di kaji adalah pelaksanaan apa saja yang telah dilakukan dalam pembinaan budi pekerti siswa di SMK Al-Qur’an Dan Dakwah Alam Secang Magelang. Bagaimanakah hasil upaya yang dicapai dari upaya yang dilakukan guru, serta tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan kendala-kemdala yang dihadapi dalam pembinaan budi pekerti di smk al-qur’an dan dakwah alam secang magelang, menggambarkan upya-upaya yang dilakukan oleh guru dalam pelaksanaan pembinaan budi pekerti siswa smk alqur’an dan dakwah alam secang magelang, mengetahui hasil upaya yang dicapai dan upaya yang dilakukan guru sekolah. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi instansi dan memberikan kontribusi teoritis terhadap upaya pembinaan budi pekerti siswa. Manfaat bagi para peneliti yaitu sebagai wawasan pengetahuan calon guru yang diperoleh dari bangku kuliah dalam upaya pembinaan budi pekerti siswa. Penelitian dilakukan dengan menggunakan penelitian kaulitatif yang menjadilokasi penelitian adalah smk al-qur’an dan dakwah alam secang magelang. Focus penelitian adalah menggambarkan upaya yang dilakukan oelh guru sekolah dalam pembinaan budi pekerti siswa smk al-qur’an dan dakwah alam secang magelang. Data penelitian meliputi sember data primer yaitu meliputi informan, responden dan sumber data tambahan yang berupa dokumen. Responden yaitu guru, kepala sekolah, dan siswa SMK Al-Qur’an Dan Dakwah Alam Secang Magelang. Tehnikpengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Validasi data diperoleh dari tehnik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa SMK Al-Qur’an Dan Dakwah Alam Secang Magelang telah menempuh berbagai upaya dalam pelaksanaan pembinaan
ix
budi pekerti siswanya disertai jenis pelanggaran dan sansinya. Namun begitu SMK Al-Qur’an Dan Dakwah Alam Secang Magelang masih menemukan siswa yang bererilaku menyimpang dan sering melanggar tata tertib, seperti berbicara kasar, merokok, terlambat masuk ke kelas, seragam tidak di masukkan dan berambut gondrong. Tapi semua itu bisa di toleransi dan bisa di perbaiki karena siswa yang berperilaku tersebut hanya sebagian kecil saja. Dan untuk menanggulangi semakin banyak kasus tersebut maka guru bekerja sama dengan pihak-pihak yang kompoten di bidang budi pekerti diantaranya dengan sosialisasi dengan seliuruh guru dan staff serta orang tua dengan tokoh masyarakat. Dengan begitu kendala yang dihadapi dalam pembinaan budi pekerti akan terselesaikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah guru dalam melaksanakan pembinaan budi pekerti di SMK Al-Qur’an Dan Dakwah Alam Secang Magelang perlu dukunagn dari pihak lain, sehingga pwerilaku budi pekerti siswa berangsur membaik, dilihat dari meningkatnya hasil belajar siswa, demi terciptanya budi pekerti siswa pihak sekolah juga bekerja sama dengan orang tua siswa. Saran yang di anjurkan adalah agar proses pelaksanaan pembinaan budi pekerti siswa di SMK Al-Qur’an Dan Dakwah Alam Secang Magelang terus dikembangkan agar target yang ingin di capai dapat direalisasikan.
Kata kunci : Guru dan Budi Pekerti
012/PPKn/PUS/II/2023 | 012/PPKn/PUS/II/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain