Text
SKRIPSI : PENGEMBANGAN KARAKTER MELALUI BUDAYA LOKAL SENI BARONG DI DESA TODANAN
Lafenia. Pengembangan Karakter melalui Budaya Lokal Seni Barong di Desa Todanan. Semarang. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet. 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) prosesi pertunjukan budaya seni barong di Desa Todanan Kabupaten Blora; (2) simbol-simbol yang terdapat dalam budaya seni barong di Desa Todanan Kabupaten Blora; (3) nilai karakter apa saja yang terdapat dalam pertunjukan seni barong di Desa Todanan Kabupaten Blora;(4) nilai-nilai karakter yang terdapat pertunjukan seni barong mempengaruhi generasi muda di Desa Todanan Kabupaten Blora. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan etnografi. Lokasi penelitian ini di sanggar kesenian barongan Singo Lodro Desa Todanan Kabupaten Blora. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengujian dalam penetuan validitas data adalah dengan menggunakan tringulasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah direduksi, disajikan, dan selanjutnya disimpulkan secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan karakter melalui budaya lokal seni barong di Desa Todanan Kabupaten Blora diketahui bahwa di dalam kesenian barongan Singo Lodro di Desa Todanan Kabupaten Blora memiliki beberapa nilainilai karakter yang dapat mempengaruhi generasi muda, sehingga dapat digunakan untuk mengembangkan karakter generasi muda. Adapun nilai-nilai karakter tersebut adalah nilai karakter religius, nilai karakter kerja sama, nilai karakter disiplin, nilai karakter patuh aturan, nilai karakter tanggung jawab, nilai karakter kreatif nilai karakter keberanian, nilai karakter kerja keras, nilai karakter, dan nilai karakter cinta kepada tanah air. Kata Kunci: Karakter melalui Budaya Lokal Seni Barong
016/PPKn/PUS/II/2023 | 016/PPKn/PUS/II/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain