Text
SKRIPSI : KREATIVITAS GURU PPKN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Abdul Latif. Npm: 1119110037. 2023. "Kreativitas Guru Ppkn Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ppkn” di SMK AlQur’an dan Dakwah Alam Kec. Secang, (dibimbing oleh Drs. Srihadi, M.Pd dan Drs. Titik Susiatik, M.Si) Skripsi, Program Studi S-1 Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas IVET Semarang, 89 halaman. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kreativitas guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ppkn di SMK AlQur’an dan Dakwah Alam Secang. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Al-Qur’an dan Dakwah Alam Secang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Populasi terdiri dari seluruh guru Ppkn di SMK Al-Qur’an dan Dakwah Alam Secang, cara pengambilan sampel dalam penelitian ini yakni menggunakan teknik pengambilan secara acak (random sampling) jadi, sampel dari penelitian ini adalah 2 orang guru Ppkn kelas X dan kelas XI di SMK Al-Qur’an dan Dakwah Alam Secang. Data yang di kumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan mewawancarai 2 orang guru Ppkn yaitu guru Ppkn kelas X dan guru Ppkn kelas XI sebagai responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: (1) reduksi data; (2) penyajian data; (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) pengembangan kreativitas mengajar guru untuk menumbuhkan minat belajar siswanya dan guru diharapkan menciptakan suatu strategi mengajar yang cukup efektif dan kreatif, b) kreativitas dalam merancang rencana pelaksanaan pembelajaran untuk merencanakan pembelajaran serta menjalankan pembelajaran sesuai dengan tujuan pendidikan, c) kreativitas dalam pengelolaan program belajar mengajar guru harus betul-betul mengetahui situasi dan kondisi siswa sebelum memberikan materi dikelas, d) kreativitas dalam pengelolaan kelas yaitu siswa merespon materi yang guru sampaikan pada saat proses pembelajaran berlangsung, e) kreativitas dalam menggunakan metode dan media pembelajaran agar pembelajaran dikelas dapat menarik perhatian siswa. Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ppkn yaitu: (1) faktor internal seperti keinginan atau rasa ingin tahu yang mendorong siswa untuk terus belajar didalam maupun diluar sekolah; (2) faktor eksternal seperti guru, sekolah, teman, lingkungan, keluarga/orang tua. Faktor eksternal yang membuat siswa di SMK Al-Qur’an dan Dakwah Alam Secang kurang termotivasi dalam pembelajaran yaitu: a) kurangnya dukungan dari keluarga/orang tua; b) lingkungan disekitar siswa seperti pengaruh dari teman-teman yang sebayanya suka tidak masuk belajar, dan malas mengikuti mata pelajaran Ppkn.
Kata Kunci : Kreativitas guru dan motivasi belajar
020/PPKn/PUS/II/2023 | 020/PPKn/PUS/II/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain