Perpustakaan Universitas Ivet

  • Beranda
  • Profil
  • Berita
  • SmartLibrary
  • Bantuan
  • Ejournal
  • Eprint
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of SKRIPSI : UPAYA PENINGKATAN PERKEMBANGAN SAINS
MELALUI MEDIA AKUARIUM PADA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN
DI KB PANGERAN PURBAYA KALISOKA

Text

SKRIPSI : UPAYA PENINGKATAN PERKEMBANGAN SAINS MELALUI MEDIA AKUARIUM PADA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN DI KB PANGERAN PURBAYA KALISOKA

LILIS WIDIANINGSIH - Nama Orang;

Lilis Widianingsih, 2023 “Upaya Peningkatan Perkembangan Sains Melalui
Media Akuarium Pada Anak Usia 5 – 6 Tahun Di Kb Pangeran Purbaya
Kalisoka” Skripsi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet 2023.
Latar belakang penelitian ini adalah Kemampuan Sain Anak Usia 5-6
tahun Di KB Pangeran Purbaya desa kalioska sebagian besar anak belum optimal
dan perlu ditingkatkan, anak usia 5-6 tahun belum dapat membedakan ekosistem
dengan benar baik biotik maupun abiotik, kurangnya pemberian pembelajaran
sains dan kurangnya pendidik dalam mengekspor lingkungannya juga turut
berpengaruh terhadap perkembangan sains pada anak usia dini. Tujuan penelitian
ini adalah untuk menigkatkan perkembangan sains melalui media akuarium pada
anak usia 5-6 tahun di KB Pangeran Purbaya.
Jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
menggunakan 2 (dua) siklus, pada setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan
dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek
penelitian penelitian ini adalah anak peserta didik di KB Pangeran Purbaya
Kalisoka dengan jumlah peserta didik 15 anak, melalui pengambilan data:
dokumentasi, observasi, dan demonstrasi, sedangkan analisis yang digunakan
adalah analisis deskripsi persentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan sains pada anak
usia 5-6 tahun dapat meningkat melalui media akuarium. Hasil observasi yang
dilakukan pada saat prasiklus kriteria belum berkembang memiliki skor tertinggi
91,77% atau 14 peserta didik dan belum ada peserta didik yang memperoleh
kriteria berkembang sesuai harapan, siklus I terjadi peningkatakan ke kriteria
berkembang sesuai harapan karena sudah 11,11 atau 2 peserta didik sedangkan
kriteria berkembang sangat baik terjadi pada siklus II dengan skor rata-rata
93,33% pada interval 75,01%-100%.
Kata Kunci: Perkembangan sains, Media Akuarium, Anak Usia 5-6 tahun


Ketersediaan
010/PAUD/PUS/2/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
: ., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi
PG-PAUD
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • UPAYA PENINGKATAN PERKEMBANGAN SAINS MELALUI MEDIA AKUARIUM PADA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN DI KB PANGERAN PURBAYA KALISOKA
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Ivet
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik