Text
SKRIPSI : PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM PENGENALAN LAMBANG BILANGAN MELALUI KEGIATAN MENEMPEL DENGAN MEDIA BIJI – BIJIAN PADA ANAK USIA 4 - 5 TAHUN DI TK TUNAS MULYA SEKARAN KECAMATAN KASIMAN KABUPATEN
Eka Nurmala. NPM 2619110299. Peningkatan Kemampuan Kognitif Dalam
Pengenalan Lambang Bilangan Melalui Kegiatan Menempel Dengan Media Biji
– Bijian Kelompok A di TK Tunas Mulya Sekaran Kecamatan Kasiman
Kabupaten Bojonegoro. Skripsi. Jurusan PG-PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Ivet Semarang. 2023. Jumlah Halaman 107 Halaman.
Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan bagaimana upaya yang dilakukan
guna pengenalan konsep lambang bilangan melalui metode menempel dengan
media biji - bijian pada peserta didik pada kelompom A di TK Tunas Mulya
Sekaran Kecamatan Kasiman Kabupaten Bojonegoro. Penelitian menggunakan 2
siklus, di Siklus I ada 3 kali pertemuan dan di Siklus II ada 2 Kali pertemuan.
Tindakan dalam siklus I dan siklus II terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan,
observasi dan refleksi. Data diperoleh dengan observasi dan dokumentasi.
Analisis data digunakan analisis deskriptif persentase.
Hasil penelitian menunjukan pada tahap Pra Siklus memperoleh hasil
sebesar 11,1%, kemudian pada Siklus I mengalami peningkatan sebesar 40,7%
dan pada Siklus II mengalami peningkatan lagi sebesar 81,1%, disini guru
menjadi peran utama yang mempersiapkan segala upaya pembelajaran agar
berjalan optimal. Dari hasil penelitian tersebut diperoleh rata – rata kenaikan hasil
penelitian sebesar 44,3%. Kemudian hasil kinerja guru pada tahap Pra Siklus yang
memperoleh kategori “Kurang”, kemudian pada tahap Siklus I mengalami
peningkatan menjadi kategori “Cukup” dan pada Siklus II memperoleh kategori
“Baik”.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa
kegiatan pembelajaran menempel dengan media biji – bijian dapat meningkatkan
kemampuan pengenalan lambang bilangan pada peserta didik Kelompok A TK
Tunas Mulya Sekaran Kecamatan Kasiman Kabupaten Bojonegoro.
xx
Kata Kunci: Kemampuan Kognitif, Lambang Bilangan, Biji - Bijian
017/PAUD/PUS/2/2023 | 017/PAUD/PUS/2/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain