Text
SKRIPSI : PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI METODE BERMAIN PERAN DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN DI TK AISYIYAH 04 KELURAHAN DUPAK KECAMATAN KREMBANGAN SURABAYA
Ismiaroh (2023), Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berjudul : “ Peningkatan
Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia 4 – 5 tahun Melalui Metode Barmain
Peran Dengan Media Boneka Tangan Di TK Aisyiyah 04 Kelurahan Dupak
Kecamatan Krembangan Surabaya.” Program Studi: PG-PAUD, Fakultas:
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET Semarang. 56
Halaman.
Latar belakangi yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya kemampuan
bahasa anak dalam bermain peran di TK Aisyiyah 04. Hal tersebut dikarenakan
proses pembelajaran masih berpusat pada guru dan kurang menariknya media
pembelajaran. Hal tersebut terbukti bahwa nilai ketuntasan kemampuan anak
dalam bermain peran hanya mencapai 20%.
Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan kemampuan bermain peran dengan
media boneka tangan di TK Aisyiyah 04 Surabaya. Kemampuan bahasa tersebut,
seperti anak bisa bercerita dengan bahasa sendiri, anak mampun menyebutkan
tokoh yang diperankan oleh guru, anak mampu bercakap-cakap dengan teman
sebayanya melalui kegiatan bermain peran menggunakan media boneka tangan
untuk mengembangkan Bahasa ekspresif anak.
Jenis Penelitian yang dilakukan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK),
yang terdiri-dari siklus I sebanyak dua (3) kali pertemuan dan siklus II sebanyak
dua (2) kali pertemuan. Subjek penelitian adalah anak TK Aisyiyah 04 Surabaya
dengan jumlah 15 orang yang terdiri-dari 8 anak perempuan dan 7 anak laki-laki.
Peneliti menggunakan variabel masalah, yaitu kemempuan bahasa dan variabel
Tindakan, yaitu metode bermain peran menggunakan media boneka tangan.
Teknik pengumpulan data adalah wawancara dan observasi. Analisis data dalam
penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa perkembangan bahasa anak TK Aisyiyah
04 Surabaya meningkat dengan pra-siklus 20% dan dilanjutkan pada tahap siklus,
siklus I 46,6% dan siklus II meningkat sebesar 86,6%. Dari data tersebut dapat
disimpulkan bahwa metode bermain peran dapat meningkatkan bahasa anak TK
Aisyiyah 04 Surabaya.
Kata kunci : Keterampilan berbicara, bermain peran, media boneka tangan.
018/PAUD/PUS/2/2023 | 018/PAUD/PUS/2/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain