Perpustakaan Universitas Ivet

  • Beranda
  • Profil
  • Berita
  • SmartLibrary
  • Bantuan
  • Ejournal
  • Eprint
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of SKRIPSI : PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI METODE
PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DENGAN MEDIA PUZZLE BUAH
ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK TUNAS HARAPAN MALINGMATI
KECAMATAN TAMBAKREJO KABUPATEN BOJONEGORO

Text

SKRIPSI : PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DENGAN MEDIA PUZZLE BUAH ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK TUNAS HARAPAN MALINGMATI KECAMATAN TAMBAKREJO KABUPATEN BOJONEGORO

Sulis Sri Wahyuni - Nama Orang;

Sulis Sri Wahyuni, NPM 2619110303, Mahasiswa PG PAUD Universitas IVET
Semarang. Peningkatan kemampuan kognitif anak usia 4 - 5 tahun melalui
metode pembelajaran Make a Match dengan media puzzle buah di TK Tunas
Harapan Malingmati Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro. Fakultas
IlmuPendidikan, Universitas IVET Semarang, 2023.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana upaya
meningkatkan kemampuan kognitif melalui metode pembelajaran Make a Match
dengan media puzzle buah anak usia 4 - 5 tahun di TK Tunas Harapan Malingmati
Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang
merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan
yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara keseluruhan.
Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik dengan rentang usia 4-5 tahun di
TK Tunas Harapan Malingmati yang berjumlah 12 anak, terdiri dari 6 anak lakilaki dan 6 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi
dan dokumentasi. Hasil Penelitian dari penerapan metode pembelajaran Make a
Match dengan media puzzle buah telah berhasil meningkatkan peningkatan
kemampuan kognitif serta meningkatkan kinerja guru di TK Tunas Harapan
Malingmati.
Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil siklus I yaitu Pada tahap Pra
Siklus diperoleh persentase sebesar 16,6%, kemudian pada tahap Siklus I sebesar
47,1%, dan pada tahap Siklus II sebesar 83,3%. Dari hasil tersebut menunjukan
bahwa adanya peningkatan dari tahap Pra Siklus hingga Siklus II mengalami
peningkatan sebesar 66,7%. Pada tahap Pra Siklus hingga Siklus II diperoleh rata
– rata peningkatan sebesar 49%.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran make a
match melalui media puzzle buah mampu meningkatkan kemampuan kognitif
pada anak usia 4-5 tahun di TK Tunas Harapan Malingmati Kecamatan
Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro.
Kata Kunci: Kognitif, Make a Match, Puzzle Buah


Ketersediaan
020/PAUD/PUS/2/2023020/PAUD/PUS/2/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
020/PAUD/PUS/2/2023
Penerbit
: ., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi
PG-PAUD
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DENGAN MEDIA PUZZLE BUAH ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK TUNAS HARAPAN MALINGMATI KECAMATAN TAMBAKREJO KABUPATEN BOJONEGORO
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Ivet
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik