Text
SKRIPSI : ENGEMBANGAN ROBOT FORCEPS BERBASIS MY ROBOT TIME (MRT)
Yuyun Raya Lina Umalisa (2023). Pengembangan Robot Forceps Berbasis My Robot
Time (MRT). Skripsi. Pendidikan Informatika. Fakultas Sains dan Teknologi.
Universitas Ivet. 88 Halaman.
Perkembangan teknologi sekarang ini sangatlah pesat teknologi pada hakikatnya
diciptakan untuk membuat hidupan manusia menjadi lebih mudah, nyaman dan
menyenangkan. Kemajuan teknologi tersebut dapat kita rasakan diberbagai bidang,salah
satu bidang yang juga ikut terpengaruh oleh perkembangan teknologi ialah bidang
pendidikan. Sangat disayangkan perkembangan teknologi di indonesia khususnya bidang
pendidikan setiap sekolahan belum meningkatkan kreatifitas pembelajaran dan belum
mampu mengoptimalkan secara maksimal. Khususnya di Darul Ulum yang sudah
menyediakan media pembelajaran, sedangkan siswa-siswi kurang minat dalam mengikuti
ekstrakurikuler robotic di sekolahan karena siswa mengalami kebosanan dan berakibat
pembelajaran yang kurang optimal.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Merancang produk robot Forceps berbasis MY
Robot Time (MRT) sebagai sumber belajar di MTS Darul Ulum Bandungharjo Donorojo
Jepara. (2) Mendapatkan informasi terkait dengan kelayakan produk robot Forceps
berbasis My Robot Time (MRT) sebagai sumber belajar di MTS Darul Ulum
Bandungharjo Donorojo Jepara.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau R&D (Research and
Development). Merupakan metode yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk
dan menguji kelayakan produk tersebut. Penelitian ini dilakukan di MTS Darul Ulum
dengan subjek penelitian adalah peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler robotik.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi,
angket. Instrumen yang digunakan untuk menilai kelayakan suatu produk media
pembelajaran dan respon siswa yaitu menggunakan skala Likert.
Berdasarkan pengujian kotak hitam (blackbox testing) yang telah dilakukan oleh
tenaga ahli maka seluruh proses pada sistem telah berjalan dengan baik dan Hasil uji
coba dengan siswa memberikan tanggapan sangat positif terhadap sumber belajar yang
dikembangkan dengan memperoleh skor 91,4%. Persentase tersebut apabila dikonversi
ke dalam skala kualitatif masuk dalam kategori “Sangat Layak” untuk digunakan.
Kata Kunci : Sumber belajar, Robot Forceps, MRT.
001/TIK/PUS/II/2023 | 001/TIK/PUS/II/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain