Text
SKRIPSI : PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SIMULASI KOMPONEN - KOMPONEN KOMPUTER BERBASIS DESKTOP PADA MATA PELAJARAN MERAKIT KOMPUTER
Adi Miftakhur Roziqin, NPM C3317110004. Pengembangan Media
Pembelajaran Simulasi Komponen-Komponen Komputer Berbasis Desktop Pada
Mata Pelajaran Merakit Komputer SMK NU Roudlotul Furqon Banyubiru.
Skripsi. PTIK, Fakultas Sains & Teknologi. Universitas IVET.
Media pembelajaran dalam proses pembelajaran di SMK NU Roudlotul Furqon
Banyubiru yang selama ini menggunakan metode dari buku dan ceramah. Tujuan
penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran komponen komponen
komputer dengan Adobe Flash CS6 Materi Pembelajaran merakit komputer kelas
sepuluh, mengetahui desain, Realisasi, unjuk kejadian tingkat kelayakan media
pembelajaran merakit komputer.
Tujuan Penelitian ini Adalah (1) Mengembangkan Media Pembelajaran
Simulasi Komponen - Komponen Komputer Berbasis Desktop, (2) Mengetahui
tingkat kelayakan media pembelajaran simulasi berbasis desktop untuk menarik
motivasi dan minat siswa. Di SMK NU Roudlotul Furqon Banyubiru
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research and
Development). Proses penelitian yang dilakukan adalah: (1) Potensi Masalah (2)
Analisis Kebutuhan (3) Pembuatan Software (4) Uji Validasi oleh Ahli (5) Revisi
Produk, (6) Layak. Media pembelajaran diuji oleh Ahli Media dan Ahli Materi.
Pengguna dalam uji coba perwakilan siswa kelas sepuluh SMK NU Roudlotul
Furqon Banyubiru yang berjumlah 10 orang, Metode pengumpulan data
menggunakan angket. Teknik yang digunakan menggunakan analisis deskriptif
yang diungkapkan dalam distributive skor dan presentase terhadap kategori skala
penilaian 1, 2, 3, dan 4 yang telah ditentukan.
Dan untuk Hasil analisis menunjukan kualitas media yang dihasilkan sebagai
berikut: Kelayakan media pembelajaran menurut ahli media memperoleh
persentase total sebesar 93,75%, sedangkan oleh ahli materi memperoleh
presentase total sebesar 97,5% dan hasil uji coba oleh pengguna di lapangan
memperoleh presentase total sebesar 93,75%. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa media pembelajaran memiliki kualitas yang baik dan dapat digunakan
sebagai alat bantu dalam pembelajaran di SMK NU Roudlotul Furqon Banyubiru.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Interaktif, Kelayakan, Komponen –
Komponen Komputer, Merakit Komputer.
002/TIK/PUS/II/2023 | 002/TIK/PUS/II/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain