Text
SKRIPSI : PENGARUH MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE
Ronny Wildan Erianto. Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar
Siswa dengan Menggunakan Metode Picture and Picture. Semarang. Program
Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Saintek. Universitas Ivet. 2023. 98
halaman.
Pada survei Programe for International Student Assessment (PISA) Indonesia
berada perangkat 75 dari 81 dalam kategori kemampuan matematika dengan skor
379. Hal tersebut terjadi karena minat belajar siswa uang rendah yang penyebabnya
yaitu guru lebih banyak ceramah, media pembelajaran belum dimanfaatkan,
pengolahan pembelajaran cenderung klasikal dan kegiatan belajar kurang
bervariasi. Metode pembelajaran memiliki arti yang sangat penting dalam
melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas karena metode adalah suatu bagian
dari upaya yang digunakan guna mencapai tujuan pembelajaran. Pemerintah telah
mengupayakan memperbaiki masalah-masalah dibidang pendidikan dengan
kurikulum yang saat ini digunakan yaitu kurikulum merdeka belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh minat siswa
terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran picture
and picture.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah asosiatif kausal.
Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif.
Objek pada penelitian ini yaitu kelas X SMAN 2 Magelang dengan sampel kelas
X-4 yang berjumlah 35 siswa. Teknik yang digunakan untuk penelitian ini yaitu
teknik purposive sampling. Variabel bebas pada penelitian ini adalah minat belajar
siswa saat menggunakan metode pembelajaran picture and picture pada
materi persamaan dan fungsi kuadrat. Variabel terikat pada penelitian ini adalah
hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran picture and picture pada
materi persamaan dan fungsi kuadrat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh minat siswa terhadap
hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran picture and picture
dengan nilai signifikan (sig) = 0,000 < 0,05 dan pengaruh minat belajar siswa
terhadap hasil belajar siswa sebesar 76,4%.
Kata Kunci : Metode Picture and Picture, Minat Belajar, Keaktifan belajar, Hasil
Belajar
005/MTK/PUS/II/2023 | 005/MTK/PUS/II/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain