Text
SKRIPSI : GAMBARAN MUTU PELAYANAN PASIEN PENGGUNA JKN DI POLI UMUM PUSKESMAS KARANGMONCOL
Pelayanan kesehatan merupakan serangkaian terpadu, terintegrasi dan
berkesinambungan untuk memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan yang
setinggi tingginya. Perlindungan terhadap kesehatan masyarakat diwujudkan
melalui penyelenggaran yang berkualitas sesuai dengan tuntutan Undang Undang
Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 pasal 1 ayat 11. Puskesmas yang
memiliki lokasi layanan terbesar di kecamatan karangmoncol seyogyanya
menyelenggarakan mutu pelayanan yang baik. Tujuan dari penelitian ini untuk
melihat gambaran mutu pelayanan pasien pengguna JKN dipoli umum Puskesmas
Karangmoncol tahun 2023. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif
kuantitatif dalam penelitian tersebut dilakukan pada bulan mei sampai juli.
Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling sebanyak 100 responden.
Analisis data yang digunakan yaitu analisis univariate dengan menggunakan
frekuensi. Hasil penelitian ini didapatkan responden dengan kategori baik adalah
Reliability (kehandalan) 80 pasien (80%), Responsiveness (daya tanggap) 80 pasien
(80%), Assurance (jaminan) sebanyak 83 pasien (83%), Empathy (empati)
sebanyak 75 pasien (75%), Tangible (bukti fisik) sebanyak 86 pasien (86%). Maka
dari penelitian ini responden sebagian besar menyatakan bahwa mutu pelayanan
kesehatan di Puskesmas Karangmoncol sudah baik.
Kata Kunci: Mutu Pelayanan, Puskesmas, JKN
001/ADK/PUS/II/2023 | 001/ADK/PUS/II/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain