Text
SKRIPSI : HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS TOROH II KABUPATEN GROBOGAN
Berdasarkan penelitian Yuliana NPM 5119110013 dengan judul hubungan
kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas
Toroh II Kabupaten Grobogan.
Dengan ini hasil observasi jumlah pasien rawat jalan di Puskesmas Toroh
II jumlah pasien di tahun 2019 sebanyak 1.400 pasien sampai 2020 sebanyak
1.000 pasien mengalami penurunan sebanyak 400 pasien, tahun 2022 sebanyak
952 pasien sampai 2023 sebanyak 1.250 pasien mengalami peningkatan sebanyak
298 pasien. Hal itu karena kurangnya pengelolaan waktu kerja petugas kesehatan
dalam melakukan pelayanan. Kemudian petugas dirasa kurang tanggap dan
kecepatan dalam memberikan pelayanan kesehatan menunda waktu misalnya pada
saat melayani pasien petugas kesehatan sering berbincang dengan petugas lainnya
dan mengakibatkan proses pelayanan yang lama.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kualitas
pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Toroh II
Kabupaten Grobogan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
kuantitatif. Penelitian menggunakan pendekatan survey analitik dengan desain
cross sectional. Populasi yang diamati pada peneliti ini adalah semua pasien dari
umur 18-50 tahun yang datang kepuskesmas Toroh II bulan Maret-April
sebanyak 500 pasien. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non
probability sampling menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah
sampel 83 responden.
Berdasarkan hasil uji validitas menggunakan uji product moment person
dari 6 (enam) variabel tersebut dengan jumlah 30 responden dinyatakan valid
dengan nilai hitung > 0,361 dan hasil uji reliabilitas dengan koefisien alpha
cronbach (C) 6 (enam) variabel dinyatakan reliable dengan nilai hitung > 0,600.
Uji normalitas menggunakan uji kolomogorov-smirnov menunjukkan data
terdistribusi tidak normal dengan signifikan < 0,05 yaitu 0,000. Hasil penelitian
menggunakan uji chi-square dengan tingkat kepercayaan 95% yaitu adanya
hubungan yang bermakna antara variabel kehandalan (p value = 0,000), empati (p
value = 0,002), berwujud (p value = 0,002) terhadap kepuasan pasien di
Puskesmas Toroh II Kabupaten Grobogan dan Tidak ada hubungan yang
bermakna antara variabel cepat tanggap (p value = 0,280), jaminan (p value =
0,511) terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Toroh II Kabupaten Grobogan.
Dengan ini diharapkan petugas kesehatan dapat meningkatkan kualitas pelayanan
seperti sarana dan prasarana, serta masyarakat lebih aktif memberikan penilaian
terkait kepuasan pasien.
Kata kunci : Kualitas pelayanan, kesehatan, kepuasan pasien
003/ADK/PUS/II/2023 | 003/ADK/PUS/II/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain