Text
SKRIPSI : PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG BUNYI
Malikhatun Khasanah. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis melalui
Pembelajaran Berbasi Proyek pada Meteri Getaran dan Gelombang Bunyi.
Semarang. Pendidikan IPA. Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Ivet. 2023.
57 halaman.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan berpikir kritis siswa
dan efektivitas penggunaan model pembelajaran berbasis proyek dalam materi
geteran dan gelombang bunyi di SMP Negeri 3 Gringsing. Metode penelitian ini
yaitu Experimental Design yang menggunakan desain non-equivalent control
group design yaitu kelas eksprimen maupun kelas kontrol tidak dipilih secara acak.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 3 Gringsing.
Pengambilan sampel menggunakan Teknik cluster rondom sampling. Sampel
dalam penelitian ini yaitu kelas VIII E sebagai kelas eksperimen menggunakan
model pembelajaran berbasis proyek dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol
menggunakan model demontrasi. Data dikumpulkan menggunakan soal tes, LKPD
dan lembar observasi. Data hasil tes dianalisis menggunakan uji Independent
sample test dengan bantuan IBM SPSS 26 dan lembar observasi menggunakan
analisis deskripsi. Hasil uji statistic dengan bantuan IBM SPSS 26 menunjukan nilai
signifikansi (Sig 2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa Ha
diterima dan H0 ditolak yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan dari
kemampuan berpikir kritis siswa yang telah mendapat pembelajaran menggunakan
model pembelajaran berbasis proyek pada materi getaran dan gelombang bunyi.
Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis
proyek dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII materi
getaran dan gelombang bunyi di SMP Negeri 3 Gringsing.
Kata kunci: Getaran dan gelombang bunyi, kemampuan berpikir kritis,
model pembelajaran berbasis proyek.
002/IPA/PUS/II/2023 | 002/IPA/PUS/II/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain