Text
SKRIPSI : PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 KALIWUNGU KABUPATEN SEMARANG
Arum Dwi Lestari, NPM. C3418110004, “Pengaruh Kemampuan Literasi Numerasi dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Kaliwungu Kabupaten Semarang”, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Ivet Semarang, 2023, 131 halaman. Kurangnya kemapuan Literasi Numerasi siswa dalam pembelajaran Matematika serta minat yang kurang mengakibatkan prestasi belajar Matematika belum memenuhi KKM dan banyak anggapan Matematika adalah mata pelajaran yang sulit. Tujuan penelitian ini adalah : 1) mengetahui pengaruh kemampuan literasi Numerasi terhadap prestasi belajar matematika, (2) mengetahui pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika, (3) mengetahui pengaruh kemampuan literasi Numerasi dan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kaliwungu Kab. Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif yang bersifat expost facto. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, soal tes dan dokumentasi. Populasi dan sampel sebanyak 60 siswa. Instrument yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji autokorelasi, uji multikolinieritas, dan uji heterokedastisitas. Sedangkan uji hipotesis data dengan menggunakan uji regresi sederhana, uji regresi ganda, uji T, uji F, uji R square (determinan) dengan menggunakan bantuan program pengolah data spss versi 24.0. Hasil penelitian menunjukkan (1) Kemampuan Literasi Numerasi (X1) terhadap Prestasi Belajar (Y) siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Kaliwungu Kabupaten Semarang berada dalam kategori Sangat Tepat. (2) Minat Belajar (X2) terhadap Prestasi Belajar (Y) siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kaliwungu Kabupaten Semarang dalam kategori sangat setuju. Diketahui bahwa dari 60 tanggapan responden, 50 tanggapan responden (83%) berada pada kategori sangat setuju. (3) Kemampuan Literasi Numerasi (X1) dan Minat Belajar (X2) secara simultan/bersama-sama memiliki pengaruh signifikan (nyata) terhadap Prestasi Belajar (Y) sehingga hipotesis yang menyatakan “ada pengaruh kemampuan literasi Numerasi dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Kaliwungu Kabupaten Semarang” dapat diterima.
Kata Kunci : Kemampuan Literasi Numerasi, Minat Belajar, Prestasi Belajar Matematika
002/MTK/PUS/II/2023 | 002/MTK/PUS/II/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain