Text
SKRIPSI : IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN WEB DAN PERANGKAT BERGERAK DI SMK TEUKU UMAR SEMARANG
Salsabila Ayu Yulianti (2023). “Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Dan Perangkat Bergerak di SMK Teuku Umar Semarang” Skripsi. Pendidikan Informatika. Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Ivet. 45 halaman.
Latar belakang penelitian adalah upaya untuk memahami efektivitas model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam mata pelajaran pemrograman web dan perangkat bergerak. Tujuan penelitian (1) mengetahui perencanaan (2) mengetahui pelaksanaan dan (3) kendala serta upaya dalam mengatasi kendala pada pembelejaran mata pelajaran pemrograman web dan perangkat bergerak menggunakan model pembelajaran project based learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data dilakukan dengan alur pengumpulan data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah (1) Perencanaan pembelajaran didasarkan pada tujuan pembelajaran yang jelas. Perencanaan tersebut mencakup kompetensi dasar dan kompetensi inti yang harus dicapai oleh peserta didik selama proses pembelajaran. Perencanaan ini melibatkan pemilihan materi yang tepat, metode interaktif yang memotivasi peserta didik, media pembelajaran yang mendukung, dan evaluasi yang akurat untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik. (2) Pelaksanaan metode Project Based Learning (PjBL) dalam pembelajaran pemrograman web dan perangkat bergerak telah berhasil mengimplementasikan pendekatan kolaboratif dan dunia nyata. Guru memaparkan masalah yang terjadi dilingkungan sekitar dan relevan dengan materi pembelajaran, kemudian siswa dibagi menjadi kelompok kecil, lalu mereka melakukan pengamatan dan survei. Pembuatan proyek memiliki tenggat waktu untuk mendorong efisiensi. Guru memantau dan memberi bimbingan, lalu melakukan evaluasi berdasarkan kesesuaian produk, kreativitas, dan kualitas. Evaluasi ini mengukur kemampuan siswa mengatasi masalah secara inovatif sesuai tujuan pembelajaran. (3) penggunaan metode project based learning dalam pembelajaran pemrograman web dan perangkat bergerak menghadapi beberapa kendala, seperti kesulitan mengkoordinasi siswa dengan tingkat kerjasama yang berbeda, keterbatasan akses perangkat komputer, dan situasi darurat seperti mati listrik di sekolah.
Kata kunci : Model Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Proyek, PjBL
003/TIK/PUS/II/2023 | 003/TIK/PUS/II/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain