Perpustakaan Universitas Ivet

  • Beranda
  • Profil
  • Berita
  • SmartLibrary
  • Bantuan
  • Ejournal
  • Eprint
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of SKRIPSI : IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN WEB DAN PERANGKAT BERGERAK DI SMK TEUKU UMAR SEMARANG

Text

SKRIPSI : IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN WEB DAN PERANGKAT BERGERAK DI SMK TEUKU UMAR SEMARANG

Salsabila Ayu Yulianti - Nama Orang;

Salsabila Ayu Yulianti (2023). “Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Dan Perangkat Bergerak di SMK Teuku Umar Semarang” Skripsi. Pendidikan Informatika. Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Ivet. 45 halaman.

Latar belakang penelitian adalah upaya untuk memahami efektivitas model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam mata pelajaran pemrograman web dan perangkat bergerak. Tujuan penelitian (1) mengetahui perencanaan (2) mengetahui pelaksanaan dan (3) kendala serta upaya dalam mengatasi kendala pada pembelejaran mata pelajaran pemrograman web dan perangkat bergerak menggunakan model pembelajaran project based learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data dilakukan dengan alur pengumpulan data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah (1) Perencanaan pembelajaran didasarkan pada tujuan pembelajaran yang jelas. Perencanaan tersebut mencakup kompetensi dasar dan kompetensi inti yang harus dicapai oleh peserta didik selama proses pembelajaran. Perencanaan ini melibatkan pemilihan materi yang tepat, metode interaktif yang memotivasi peserta didik, media pembelajaran yang mendukung, dan evaluasi yang akurat untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik. (2) Pelaksanaan metode Project Based Learning (PjBL) dalam pembelajaran pemrograman web dan perangkat bergerak telah berhasil mengimplementasikan pendekatan kolaboratif dan dunia nyata. Guru memaparkan masalah yang terjadi dilingkungan sekitar dan relevan dengan materi pembelajaran, kemudian siswa dibagi menjadi kelompok kecil, lalu mereka melakukan pengamatan dan survei. Pembuatan proyek memiliki tenggat waktu untuk mendorong efisiensi. Guru memantau dan memberi bimbingan, lalu melakukan evaluasi berdasarkan kesesuaian produk, kreativitas, dan kualitas. Evaluasi ini mengukur kemampuan siswa mengatasi masalah secara inovatif sesuai tujuan pembelajaran. (3) penggunaan metode project based learning dalam pembelajaran pemrograman web dan perangkat bergerak menghadapi beberapa kendala, seperti kesulitan mengkoordinasi siswa dengan tingkat kerjasama yang berbeda, keterbatasan akses perangkat komputer, dan situasi darurat seperti mati listrik di sekolah.

Kata kunci : Model Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Proyek, PjBL


Ketersediaan
003/TIK/PUS/II/2023003/TIK/PUS/II/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
003/TIK/PUS/II/2023
Penerbit
: ., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Informatika
Skripsi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • BAB 1 2
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Ivet
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik