Text
SKRIPSI : PENGEMBANGAN SISTEM WEB E-COMMERCE SEBAGAI MEDIA PROMOSI BERSAMA KELOMPOK TANI UMKM KOPI TANJUNG DI KABUPATEN JEPARA
Khoirul Anang Makruf, Anang. 2023. “Pengembangan Sistem Web E-Commerce Sebagai Media Promosi Bersama Kelompok Tani UMKM Kopi Tanjung Di Kabupaten Jepara”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Informatika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Ivet Semarang. Pembimbing I Handini Arga Damar Rani, M.Kom. dan Pembimbing II Adi Nova Trisetiyanto, M.Pd. Di era digital saat ini menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku usaha dalam memasarkan produknya. Kelompok Tani UMKM Kopi Tanjung sebagai mitra pengabdian memiliki produk unggulan kopi khas dari Desa Tanjung di Kabupaten Jepara, yang perlu dipasarkan menggunakan media online website dengan memanfaatkan e-commerce untuk mendukung aktivitas promosi penjualan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD), dengan menggunakan pengembangan waterfall, yang meliputi : analisis data, perancangan, implementasi, pengujian dan perawatan. Sistem yang telah dibuat kemudian diuji berdasarkan kriteria (Web-QEM), pada aspek functionality dan usability. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengembangkan sistem web ecommerce sebagai media promosi kopi tanjung yang efektif. 2) Mengetahui efektifitas penggunaan web e-commerce sebagai media promosi kopi tanjung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Sistem Informasi e-commerce kopi tanjung berbasis web telah diuji kualitasnya berdasarkan standar kualitas perangkat lunak ISO 9126 dan hasilnya sudah memenuhi empat aspek kualitas (Web-QEM). Pada aspek functionality mendapatkan presentase 100% , yang artinya semua fungsi sudah berjalan dengan sangat baik, aspek usability mendapatkan presentase rata-rata 90% atau berada dalam kategori baik, berdasarkan standar kualitas pengujian pada aspek functionality dan usability berada dalam kategori baik. Hasil dari kesimpulan di atas dikemukakan beberapa saran yaitu, Perlu adanya perbaikan dari sisi User Interface agar lebih menarik bagi pengguna dan lebih User Friendly serta Tekhnik pengujian perangkat lunak yang lebih beragam agar diperoleh hasil pengujian yang lebih akurat dan Web e-commerce kopi tanjung ini dapat diterapkan serta dapat lebih dikembangkan dimasa yang akan datang.
Kata Kunci: kopi tanjung, pengembangan web, e-commerce, promosi pemasaran
005/TIK/PUS/II/2023 | 005/TIK/PUS/II/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain