Text
SKRIPSI : EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS E - MODUL PADA MATA PELAJARAN DMI (Desain Media Interaktif) KELAS SKRIPSI : XII MULTIMEDIA STUDI KASUS SMK NEGERI 6 KENDAL
Sugeng Riyanto (2023). Efektivitas Pembelajaran Interaktif Berbasis EModul pada Mata Pelajaran Kejuruan Kelas XII Multimedia Studi Kasus SMKN 6 Kendal Kabupaten Kendal. Skripsi. Pendidikan Informatika. Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Ivet. 90 Halaman. Pandemi covid-19 merupakan wabah yang telah mengubah seluruh tatanan dan kebiasaan masyarakat diseluh aspek kehidupan, SMKN 6 Kendal yang merupakan lembaga pendidikan di kabupaten kendal mengeluhkan dampak dari bencana tersebut yang mengakibatkan penurunan kualitas belajar. Cara belajar society 5.0 menjadi catatan khusus bagi para pendidik untuk membangun ulang struktur pembelajaran serta menerapkan konsep-konsep baru yang sesuai dengan perkembangan zaman. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui metode pembelajaran interaktif berbasis E-Modul dalam mengatasi penurunan kualitas belajar peserta didik, (2) Untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran yang menggunakan metode interaktif pada mata pelajaran Kejuruan, (3) Untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis EModul pada mata pelajaran DMI(Desain Media Interaktif) kelas XII Multimedia dengan materi Desain Media Interaktif. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional, dengan populasi berjumlah 60 siswa. Penentuan sampel penelitian dengan teknik purposive random sampling yaitu metode pengambilan siswa dalam kelas dengan pertimbangan siswa yang memiliki kemiripan pengetahuan awal yang relatif sama. Metode penelitian berupa eksperimen dengan desain Nonrandomized Control Group Pretest–Posttest Design (Isaac & Michael, 1984: 69) yang menggambarkan keadaan awal sampel serta output akhir dari implementasi metode penelitian tersebut, yang kemudian akan dianalisis dengan analisis regresi , uji t dan uji F. Hasi daril penelitian ini adalah (1) Pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis E-Modul lebih efektif dibandingkan pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Kejuruan dengan materi Desain Media Interaktif. (2) Mutu hasil belajar siswa kelas XII Multimedia A SMKN 6 Kemndal Kabupaten Kendal pada aspek kognitif pada pembelajaran yang menggunakan media interaktif berbasis E-Modul dengan nilai rata-rata 82,17 lebih tinggi dan signifikan dibandingkan pembelajaran yang menggunakan media konvensional dengan nilai rata-rata 68,33; ( t = 5,477 ; p = 0,000). (3) Minat belajar siswa kelas XII Multimedia A SMKN 6 Kendal Kabupaten Kendal pada pembelajaran yang menggunakan media interaktif berbasis E-Modul dengan nilai rata-rata 82,32 lebih tinggi dan signifikan dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan media konvensional dengan nilai rata-rata 74,12 ; ( t = 5,961 ; p = 0,000).
Kata Kunci : Efektifitas, Pembelajaran Interaktif, E-Modul desain media interaktif
007/TIK/PUS/II/2023 | 007/TIK/PUS/II/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain