Text
SKRIPSI : EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOCIAL MODELING UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS X SMK TAKHASSUS AL QUR’AN SADAMIYYAH TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Abdul Aris (2023), Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Social Modeling Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas X SMK Takhassus Al Qur’an Sadamiyyah Guyangan Bangsri Jepara. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet Semarang. 66 Halaman.
Kepercayaan diri adalah sikap positif seorang individu yang memampukan dirinya untuk mengembangkan penilaian positif, baik terhadap diri sendiri maupun terhadap lingkungan/situasi yang dihadapinya. Penelitian ini dilatarbelakangi masih adanya siswa yang kurang percaya diri dalam belajar yang ditunjukkan dengan siswa merasa takut dan malu-malu dalam mengungkapkan gagasanya, malu bertanya dengan teman dan adanya siswa yang grogi ketika tampil dalam kelas.
Berdasarkan hasil observasi pemberian layanan bimbingan kelompok mengenai kepercayaan diri siswa belum pernah di lakukan di SMK Takhassus Al Qur’an Sadamiyyah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan ada tidaknya peningkatan kepercayaan diri siswa kelas X SMK Takhassus Al Qur’an Sadamiyyah Tahun pelajaran 2022/2023 setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik social modeling. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Eksperimen. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah True Experimental Design (Eksperimen betul-betul) dengan desain penelitian PretestPosttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini yaitu kelas X SMK Takhassus Al Qur’an Sadamiyyah Guyangan Bangsri Jepara. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data dengan menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian ini adalah layanan bimbingan Kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dengan Teknik modeling pada siswa kelas X SMK Takhassus Al Qur’an Sadamiyyah lebih efektif dilakukan dengan menggunakan teknik social modeling dari pada tanpa menggunakan teknik social modeling. Hasil analisis data dari SPSS menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelompok kontrol sebelum diberikan layanan adalah 110,70 sedangkan nilai ratarata kelompok eksperimen sebelum diberikan layanan adalah 111,70. Setelah diberikan layanan nilai rata-rata posttest kelompok kontrol adalah 119,00 sedangkan setelah diberikan layanan nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen adalah 136,30. Dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata posttest kelompok kontrol lebih rendah dari nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen.
Kata kunci : Teknik Social Modeling, Kepercayaan diri, bimbingan kelompok
001/BK/PUS/II/2023 | 001/BK/PUS/II/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain