Text
SKRIPSI : FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BELAJAR PESERTA DIDIK SMP AGUSTINUS SEMARANG
Ken Arih Artirenggoningsih. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Belajar Peserta Didik SMP Agustinus. Skripsi. BK. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet. 107 halaman. Sekarang ini peserta didik ingin mendapatkan nilai baik tetapi tidak belajar dengan sungguh-sungguh, contohnya peserta didik di SMP Agustinus. Hal itu dapat disebabkan beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut terdiri dari 2 yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi gizi, olahraga, istirahat, kesehatan pancaindera, IQ, motivasi, minat dan sikap. Faktor eksternal meliputi guru, teman sekelas, keluarga, sekolah, masyarakat, kondisi belajar, fasilitas belajar dan metode belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi belajar peserta didik SMP Agustinus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, faktor yang dikategorikan paling tinggi adalah fasilitas belajar. Fasilitas belajar diperoleh hasil hitung sebesar 87,5%. Pihak sekolah selalu berusaha menyiapkan fasilitas belajar yang dibutuhkan peserta didik. Fasilitas tersebut akan menunjang peserta didik dalam belajar. Jika fasilitas tersebut lengkap, peserta didik dapat belajar dengan baik. Kedua, faktor yang dikategorikan paling rendah adalah kesehatan pancaindera. kesehatan pancaindera diperoleh hasil hitung sebesar 48,7%. Peserta didik SMP Agustinus Semarang memiliki kesehatan pancaindra yang normal dan berfungsi dengan baik. Hal itu berarti peserta didik tidak menggunakan alat bantu. Oleh karena itu, peserta didik segan memeriksakan diri ke dokter saat mengalami gangguan pada pancaindera.
Kata Kunci : faktor-faktor yang mempengaruhi, belajar peserta didik
003/BK/PUS/II/2023 | 003/BK/PUS/II/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain