Text
SKRIPSI : PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA DI MTS AL IRSYAD PUTRI TENGARAN
Riska Damayanti (2023) Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Penyesuaian Diri Siswa di MTs Al Irsyad Putri Tengaran Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas IVET. Semarang. 2023
Rumusan masalah ini adalah 1) bagaimana tingkat kecerdasan emosional siswa kelas 7 di Madrasah Tsanawiyah Al Irsyad Putri Tengaran; 2) bagaimana penyesuaian diri siswa kelas 7 di Madrasah Tsanawiyah Tengaran; 3) apakah ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap penyesuaian diri pada siswa Madrasah Tsanawiyah Al Irsyad Putri Tengaran. Pendekatan metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswi kelas VII a dan VII b mts al irsyad putri tengaran tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 66 siswa. Teknik sampling karena. Menggunakan penelitian populasi.sehingga tidak menggunakan Teknik sampling. Seluruh populasi digunakan untuk menjadi responden penelitian. Teknik penggalian data menggunakan kuesioner. Uji Instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. uji prasyaratan Analisis Data meliputi Uji Normalitas, Heterokedasitas,dan linieritas. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi. Hasil penelitian(1) tingkat kecerdasan emosional siswa kelas 7 di MTs Al Irsyad Putri, bahwa 15,15% responden kategori sangat baik. 28,79% responden kategori baik, 31,82% responden kategori cukup baik, 12,12% responden kategori buruk, dan juga 12,12% responden kategori sangat buruk, karena rata- rata skor kecerdasan emosional adalah 178,26 masuk pada interval 175 – 179 pada kriteria cukup baik. (2) Hasil penelitian tingkat penyesuaian diri siswa kelas 7 di MTs Al Irsyad Putri Tengaran bahwa 34,85% responden kategori sangat baik, 33,33% responden kategori baik, 12,12% responden kategori cukup baik, 9,09% responden kategori buruk, dan juga 10,61% responden kategori sangat buruk, rata- rata skor penyesuaian diri adalah 181,79 masuk kriteria baik (3) Analisa data yang dilakukan menggunakan rumus analisis regresi mengenai pengaruh kecerdasan emosional terhadap penyesuaian diri diperoleh hasil bahwa Fhitung dari kecerdasan emosional sebesar 53,823 sedangkan Ftabel sebesar 3,90 (53,823 > 3,90) dengan nilai Sig sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional (X) berpengaruh signifikan terhadap penyesuaian diri di MTs Al Irsyad Putri Tengaran (Y), dengan kata lain hipotesis yang berbunyi “terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap penyesuaian diri di MTs Al Irsyad Putri Tengaran” diterima.
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Penyesuaian Diri Siswa
006/BK/PUS/II/2023 | 006/BK/PUS/II/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain