Perpustakaan Universitas Ivet

  • Beranda
  • Profil
  • Berita
  • SmartLibrary
  • Bantuan
  • Ejournal
  • Eprint
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of SKRIPSI : KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KETERBUKAAN DIRI (self-disclosure) SISWA DI SMP NEGERI 3 PURWODADI

Text

SKRIPSI : KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KETERBUKAAN DIRI (self-disclosure) SISWA DI SMP NEGERI 3 PURWODADI

Agustina Kartika Sari - Nama Orang;

AGUSTINA KARTIKA SARI (2023), Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Keterbukaan Diri (Self-Disclosure) Siswa di SMP Negeri 3 Purwodadi, Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet. 87 halaman. Latar belakang masalah masih banyak siswa yang belum mengetahui pentingnya layanan bimbingan kelompok, ada sebagian siswa belum mengetahui pentingnya bimbingan kelompok, banyak guru yang belum mengetahui perlu adanya teknik untuk pelaksanaan bimbingan kelompok dalam meningkatkan keterbukaan diri, siswa yang selalu menilai pesan berdasarkan motif-motif pribadi, siswa yang berfikir simplistik, masih banyak siswa yang kurang jujr dalam bercerita tentang masalah dalam dirinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan tingkat keterbukaan diri yang dilakukan siswa SMP Negeri 3 Purwodadi, dan untuk membuktikan keefektifan layanan bimbingan kelompok terhadap keterbukaan diri siswa. Berdasarkan kajian teori yang relevan, diajukan bahwa adanya keefektifan layanan bimbingan kelompok terhadap keterbukaan diri siswa di SMP Negeri 3 Purwodadi. Metode penelitian kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah eksperimen kuasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelasVIII SMP Negeri 3 Purwodadi. Penganbilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan mendapatkan 10 siswa yang direkomendasikan oleh guru bimbingan dan konseling. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologi sebanyak 35 item. Metode analisis dalata dalam penelitian ini menggunakan uji Paired T-test. Hasil penelitian dari penghitungan diperoleh hasil diskripsi tingkat keterbukaan diri siswa sebelum mendapatkan layanan bimbingan kelompok (pretest) memiliki skor rata-rata 58,23% dengan kategori rendah. Sedangkan setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok (post-test) memiliki skor ratarata 86,57% dengan kategori sangat tinggi. Dengan demikian siswa setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok mengalami peningkatan sebesar 28,34%. Untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan keterbukaan diri siswa dilakukan uji Paired T-test. Analisis dari uji uji Paired T-test tersebut diperoleh signifikansi 0,001 sehingga p < 0,05, yang berarti ada perbedaan bermakna yaitu perbedaan tingkat keterbukaan diri siswa setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok.
Kesimpulan dari penelitian ini bahwa layanan bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan keterbukaan diri siswa kelas VIII SMP Negeri 3. Saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini: (1) Guru pembimbing untuk lebih memanfaatkan jam bimbingan dan kondeling yang telah ada seefektif mungkin untuk menyelenggarakan layanan bimbingan kelompok dan memberikan motivasi kepada siswa untuk terlinat aktif dalam layanan bimbingan kelompok untuk
vii meningkatkan keterbukaan diri siswa. (2) Siswa hendaknya memanfaatkan layanan bimbingan kelompok yang diadakan oleh guru pembimbing pada jam bimbingan dan konseling untuk meningkatkan keterbukaan diri siswa. Kata Kunci : Efektifitas, Bimbingan Kelompok, Keterbukaan Diri


Ketersediaan
009/BK/PUS/II/2023009/BK/PUS/II/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
009/BK/PUS/II/2023
Penerbit
: ., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi
Bimbingan Konseling
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • BAB 1 2
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Ivet
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik