Text
SKRIPSI : UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS X SMK NU AL HIDAYAH TAHUN PELAJARAN 2022/2023
MUHAMMAD SYAFIQ (2023). Upaya Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Pada Siswa Kelas X SMK NU Al Hidayah Tahun Pelajaran 2022/2023, Kudus, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet Semarang, 1 – 90. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik Role Playing dalam meningkatkan komunikasi interpersonal pada siswa kelas X SMK NU Al Hidayah. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang disajikan dengan menggunakan analisis deskriptif. Objek penelitian adalah 10 siswa yang dipilih melalui hasil observasi pra siklus terkait keterampilan komunikasi interpersonal. Instrument penelitian menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I pada pertemuan ke 1 dengan persentase 59,2%, pertemuan ke 2 meningkat 64%, selanjutnya meningkat lagi pada pertemuan ke 3 dengan persentase 66,6 berkategori cukup (C). Pada siklus II hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dengan persentase 70,2% pada pertemuan ke 1, 74,4% pada pertemuan ke 2, dan 78,6% pada pertemuan ke 3. Siklus II ini hasil penelitian menunjukkan keberhasilan dengan kategori baik (B). Maka dari itu disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik role playing dapat meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa.
Kata Kunci : Keterampilan Komunikasi Interpersonal, Bimbingan Kelompok, Teknik Role Playing
014/BK/PUS/II/2023 | 014/BK/PUS/II/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain