Text
SKRIPSI : UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF REGULATION PADA SISWA XI SMK TAQ SADAMIYYAH JEPARA
Achmad Syarifudhin, NPM. 2216110026, “Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Regulation Pada Siswa Kelas Xi Smk Taq Sadamiyyah Jepara” Skripsi, Bimbingan dan Bimbingan , Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET Semarang, 2023, 84 halaman.
Kedisiplinan di lingkungan sekolah menjadi tombak utama sebelum melakukan kegiatan belajar mengjar. Kedisiplinan memiliki ikatan yang kuat dengan tata tertib sekolah. Ketertiban yang dapat diterapkan kepada siswa di sekolah yaitu memiliki ketaatan atau kepatuhan terhadap peraturan-peraturan di sekolah. Layanan bimbingan kelompok dapat menjadi salah satu upaya dalam membentuk sikap disipilin siswa.
Penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu PTBK. Sampel yang digunakan yaitu 10 siswa kelas XI SMK TAQ Sadamiyah dengan waktu penelitian tanggal 16 Mei 2023 sampai 10 Juli 2023. Penelitian ini menggunakan Teknik Self Regulation untuk meningkatkan kedisiplinan siswa.
Hasil penelitian menunjukkan terjadi kenaikan hasil setiap pertemuan dimana persentase awal sebesar 53% dengan hasil akhir sebesar 89,7% dan telah melampaui indicator sebesar 70%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan Teknik Self Regulation dapat meningkatkan kedisiplinan siswa kelas XI SMK TAQ Sadamiyah Jepara. Dengan demikian, peneliti menyarankan bahwa untuk membantu meningkatkan kedisiplinan siswa dapat diberikan layanan bimbingan kelompok.
Kata Kunci : Penelitian Tindakan Bimbingan dan Bimbingan (PTBK), Self Regulation, Kedisiplinan
015/BK/PUS/II/2023 | 015/BK/PUS/II/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain