Text
SKRIPSI : UPAYA PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIKSELF MANAGEMENT PADA SISWA KELAS VIII SMP 2 KUDUS
Maya Widyawati (2023). Upaya Peningkatan Kemandirian Belajar melalui Bimbingan Kelompok Teknik Self Management pada Siswa Kelas VIII SMP 2 Kudus. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet. 87 Halaman.
Kemandirian dalam belajar memang harus senantiasa ada dalam diri siswa. Karena dengan memiliki kemandirian belajar siswa adalah bentuk tanggung jawab siswa sebagai pelajar. Tetapi permasalahannya adalah tidak semua siswa memiliki kemandirian dalam belajar. Kemandirian belajar tidak bisa diartikan bahwa siswa harus belajar secara mandiri tanpa pendampingan dari guru. Selain itu, siswa juga harus memiliki perencanaan yang tepat dalam mewujudkan harapan yang dimiliki dalam perspektif belajar.Berpijak pada kondisi yang ditemui di lapangan peneliti berusaha meningkatkan kemandirian belajar pada siswa kelas VIII SMP 2 Kudus melalui sebuah pelayanan bimbingan kelompok teknik self management. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini sebagai berikut: (1) Mendeskripsikan kemandirian belajar siswa SMP 2 Kudus sebelum dan sudah pemberian bimbingan kelompok teknik self management. (2) Mendeskripsikan ada tidaknya peningkatan kemandirian belajar siswa SMP 2 Kudus setelah pemberian bimbingan kelompok teknik self management. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode Kualitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan (Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP 2 Kudus yang berjumlah tujuh siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemandirian belajar pada subjek penelitian. Pra siklus kemandirian belajar berada pada skor 45%. Siklus I meningkatkan pada skor 56%. Siklus II meningkat di skor 74%. Berpijak pada hasil penelitian disimpulkan bahwa bimbingan kelompok teknik self management dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa.
Kata Kunci: KemandirianBelajar, BimbinganKelompok Teknik Self Management
017/BK/PUS/II/2023 | 017/BK/PUS/II/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain