Text
SKRIPSI : EFEKTIVITAS PENERAPAN TEKNIK TOKEN ECONOMY PADA LAYANAN KONSELING KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN SELF-EFFICACY SISWA DI SMP ISLAM AL-BISYRI SEMARANG
Melina Cahya Trisnawati (2023). “Efektivitas Penerapan Teknik Token Economy Pada Layanan Konseling Kelompok Dalam Meningkatkan Self-Efficacy Siswa di SMP Islam Al-Bisyri Semarang”. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet. 125 Halaman. Self-efficacy adalah keyakinan seseorang dalam kemampuannya untuk melakukan suatu bentuk kontrol terhadap fungsi diri itu sendiri dan kejadian dalam lingkungan. Self-efficacy menjadi faktor yang penting dikarenakan self-efficacy diperlukan untuk setiap keberhasilan dalam pencapaian individu. Namun, kondisi yang terjadi di lapangan adalah tidak semua siswa memiliki self-efficacy atau keyakinan diri yang tinggi. Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti di SMP Islam Al-Bisyri Semarang melalui wawancara dengan guru BK disekolah tersebut, dapat diperkiraan ada sebagian siswa memiliki keyakinan diri yang rendah terhadap kemampuan yang mereka miliki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas penerapan teknik token economy pada layanan konseling kelompok dalam meningkatkan self-efficacy siswa di SMP Islam AlBisyri Semarang. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian pre-eksperimental design, dengan jenis metode penelitiannya one group pretest and posttest design. Analisis data menggunakan Uji Paired Sample T-test. Sampel pada penelitian ini berjumlah 7 orang siswa yang memiliki self-efficacy rendah. Teknik dalam pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik token economy pada layanan konseling kelompok efektif untuk meningkatkan self-efficacy siswa di SMP Islam Al-Bisyri Semarang. Berdasarkan tabel Paired Sample T-test nilai sig. (2tailed) 0,000 0,05 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan.
Kata Kunci : Token Economy, Konseling Kelompok, Self-Efficacy
020/BK/PUS/II/2023 | 020/BK/PUS/II/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain