Text
SKRIPSI : EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN MODEL PEER COUNSELING UNTUK MEREDUKSI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA/SISWI KELAS X SMK ISLAM AL-BISYRI SEMARANG
Alfina (2023) Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Menggunakan Model peer counseling Untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik Siswa/Siswi Kelas X Smk Islam Al-Bisyri Semarang, Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet.
Prokrastinasi akademik merupakan keterlambatan yang disebabkan oleh peserta didik yang sengaja menyepelekan tugas dengan menunda- nunda karena motivasi yang tidak rasional. Prokrastinasi akademik ini tentu saja akan menjadi kebiasaan buruk yang merugikan peserta didik kedepannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan Efektivitas dari layanan konseling kelompok dengan model peer counseling dalam mereduksi prokrastinasi akademik siswa/siswi SMK Islam Al-Bisyri Semarang Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan design one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini yaitu peserta didik kelas X SMK Islam Al-Bisyri Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket perilaku prokrastinasi akademik dengan alternatif jawaban dari skala likert. Analisis data yang digunakan yaitu uji t-test paired sample. Hasil pengolahan data diketahui bahwa tingkat prokrastinasi akademik peserta didik dari hasil pretest didapatkan skor rata-rata 81,38. Setelah mendapatkan treatment peserta didik di tes kembali dengan adanya penurunan prokrastinasi akademik yang berupa hasil posttest dengan skor rata-rata sebesar 53,75. Dari hasil T-test Paired Sample, dapat diketahui nilai Sig(2-tailed) sebesar 0,000
021/BK/PUS/II/2023 | 021/BK/PUS/II/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain